Main Area

Pelantikan dprd mimika

Main

Muserenmbang Distrik Iwaka Usulkan Program Pembangunan Infrastruktur

TIMIKA, TABUKANews.com - Musyawarah Rencana Pembangunan (Musrenmbang) Distrik Iwaka menjadikan program pembangunan infrastrtuktur sebagai usulan utama yang diajukan kampung-kampung untuk diakomodir dalam perencanaan tingkat kabupaten nanti. Musrenmbang Distrik Iwaka ini berlangsung di Aula Bobaigo Keuskupan Timika, Jumat (9/3). 

Kepala Distrik Iwaka, Wens Mitoro, SSTP kepada wartawan mengatakan usulan-usulan dari para kepala kampung, Badan Musyawarah Kampung (Bamuskam), tokoh masyarakat, tokoh perempuan, tokoh pemuda, Babinsa dan pihak aparat kepolisian di wilayahnya yang utama adalah pembenahan dan pembangunan sarana infrastuktur. 

Usulan-usulan 2018 dalam musrenmbang tingkat kampung maupun distrik merupakan usulan tahun tahun-tahun sebelumnya yang belum diakomodir Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Mimika. Secara umum para aparat kampung mengusulkan kembali pembangunan infrastruktur ini. 

Di Distrik Iwaka kata Wens, ada  tujuh kampung antara lain, Kampung Limau Asri Barat, Limau Asri Timur, Wangirja, Naena Muktipura, Mulia Kencana, Pigapu dan Iwaka. Kampung-kampung ini memiliki infrastruktur yang tidak memadai sehingga prioritas usulan mereka infrastruktur jalan dan jembatan. 

“Ini usulan-usulan dari musrenmbang kampung yang terakomodir dalam musrenmbang distrik. Sebelum mengajukan usulan ini aparat kampung sebelumnya mendiskusikan usulan ini bersama masyarakat,” kata Wens.

Wens mengakui, prioritas usulan program setiap tahun umumnya pembangunan fisik sarana dan prasarana (fispra). Seiring berjalannya waktu usulan dari kampung setiap tahun tidak terakomodir, sehingga tahun ini usulkan kembali. 

“Masyarakat paling banyak usulkan soal Fispra, ada jembatan, jalan, talud. Selain itu juga ada program pemberdayaan ekonomi. Rata-rata perekonomian masyarakat di distrik ini masih sangat rendah. Kemudian ada juga usulan program sosial budaya (Sosobud). Tapi yang lebih banyak masih Fispra,” jelas Wens.  (tim)

2019 TabukaNews.com | Designed by Putra Timika Informatika