Main Area

Main

Minimnya Pelamar Khusus Amor, Tomas Mimika Minta Pemda dan LPMAK Sekolahkan Anak Amor Sesuai Kebutuhan Daerah

Tokoh masyarakat Kamoro Boas Karapea/Foto: Ricky Lodar

Timika, Tabukanews.com - Tokoh masyarakat Kamoro Boas Karapea meminta kepada pihak Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Mimika dan Lembaga Pengembangan Masyarakat Amungme dan Kamoro (LPMAK) agar program pendidikan keluar daerah untuk putra-putri asli Mimika pada jurusan yang dibutuhkan daerah, ketimbang jurusan umum.

"Formasi penerimaan CPNS yang dikhususkan untuk anak-anak amor itu minim pelamar," kata Boas ketika ditemui di jalan Budi Utomo, Sabtu (18/5).

Ia menjelaskan, saat ini banyak lulusan ekonomi, sosial dan hukum dan beberapa jurusan lainnya tidak bekerja, lantaran banyak sekali lulusan ketimbang permintaan lapangan pekerjaan, salah satu contoh pada CPNS yang sedang berlangsung.

Banyak formasi yang dikhususkan bagi putra-putri Mimika namun tidak mampu untuk mengisi formasi yang dibutuhkan lantaran tidak ada putra-putri asli Mimika yang disekolahkan pada formasi tersebut.

"Seperti peternakan, pertanian dan perikanan itu belum ada anak-anak yang disekolah dijurusan itu, jadi pada saat pendaftaran CPNS mereka tidak bisa daftar di formasi itu, sedangkan tuntutan CPNS harus anak-anak amor," jelasnya.

Terlepas dari beberapa bidang yang dikhususkan bagi putra-putri Mimika, karena bidangnya berbeda sehingga banyak yang melamar melalui formasi umum. Artinya, banyak gelar sarjana yang di cetak tapi tidak bisa menjawab kebutuhan didaerah.

"Diluar bidang itu banyak lulusan ekonomi, hukum dan sosial dan itu banyak, dan setelah pulang banyak yang nganggur, akhirnya gelar sarjana MM "minum mabuk" dan tidak pernah berikan contoh baik bagi daerah ini," ungkapnya.

Oleh sebab itu, Penerimaan CPNS kali ini menjadi pelajaran bagi Pemkab Mimika dan pihak LPMAK agar kedepan, bisa mengirim putra-putri Mimika untuk sekolah diluar pada sekolah yang bisa langsung berdinas atau bidang yang minim atau yang sangat dibutuhkan di daerah.

"Jadi. Kedepan, saya harap kepada Pemda dan LPMAK untuk mengirimkan anak-anak sekolah itu jurusan yang bisa langsung bekerja," harapnya. (Jrl).

2019 TabukaNews.com | Designed by Putra Timika Informatika