Main Area

pesparawi xiii
dprd kabupaten mimika

Main

Minimalisir Kasus TBC, CPHMC Jalin Kerjasama dengan Dinkes

Community Publict Healt and Malaria Control (PHMC) terus menjalin kerjasama dengan pihak Dinas Kesehatan (Dinkes) Mimika / Foto : Tim

 

TIMIKA, TABUKANews.com -  melalui  puskesmas-puskesmas untuk menangani penyakit Tuberculosis (TBC) di Timika. Terhitung mulai Juli 2017 lalu, penanganan TBC antara pihak CPHMC sudah terintegrasi dengan Dinkes Mimika. 

“Penanganan TBC kita sudah terintegrasi mulai Juli tahun lalu. Jadi kita bermitra dengan puskesmas sebagai penanggung jawab program,”ujar Coornitor Healt Promotion and Parthnership CPHMC, Djonny Lempoy, Jumat (2/3).

Menurut Djonny, sebelumnya penanganan TBC dilakukan pada masing-masing unit kerja yakni puskesmas maupun CPHMC,. Kini sudah terintegrasi secara keseluruhan dimana sejak Juli 2017 lalu sudah ada kerjasama dengan puskesmas-puskresmas di Timika. Seperti yang sudah terjalin di Puskesmas Timika, masih ada tenaga kesehatan dari CPHMC yang mendukung tim kerja Puskesmas Timika untuk menanggulangi TBC.

Selain dengan Puskesmas Timika, penanganan TBC juga ada di Puskesms Bhintuka (SP12), Puskesmas Limau Asri (SP5) dan di SP9 dengan kegiatan healt center serta dengan Puskesmas Mapurujaya.

“Terintegrasi kegiatan pelayanan TBC ini memang ada aturan yang harus kita laksanakan, kita tidak bisa sendiri, kegiatan ini khan memang program,” jelasnya. (tim)

2020 TabukaNews.com | Designed by Putra Timika Informatika