Main Area

pesparawi xiii
ulang tahun ke 36

Main

Mimika Miliki Potensi Besar Untuk Ciptakan Ikon

Kepala Kantor Bank RI Cabang Timika Sukarno/ Foto: Tim-Tabukanews.com

Timika, TabukaNews.com - Kepala Kantor Bank BRI Cabang Timika Sukarno menilai Kabupaten Mimika memiliki potensi besar baik berupa penganan, maupun hasil kerajinan tangan yang bisa dijadikan ikon Kabupaten Mimika pada saat pelaksanaan Pekan Olahraga Nasional (PON) XX tahun 2020 mendatang.

"Sebetulnya kalau disini yang saya lihat disamping industri kerajinan khususnya noken, ada juga patung. Cuma konsistensi pada produksi disini rendah," kata Sukarno saat ditemui di ruang kerjanya di kantor BRI Cabang Timika, Selasa (19/11).

Ia mengakui, masyarakat lokal sering membuat kerajinan tangan berupa ukiran, patung dan tas yang berbahan dasar daun tikar, hanya saja proses pembuatannya tidak dilakukan secara terus menerus, atau dilakukan secara periodik, sehingga untuk mendapatkannya harus dipesan dari jauh-jauh hari.

"Artinya mereka berproduksi secara periodik atau pesanan tapi belum produksi dalam jumlah banyak," akunya.

Berbeda halnya dengan beberapa daerah di Indonesia yang memiliki kerajinan tangan dan mendapat dukungan dari Pemerintah sehingga proses pembuatannya dilakukan secara terus menerus kemudian dipasarkan sehingga memberikan ciri khas daerah saat ada kunjungan.

Ia melihat etnik Papua memiliki daya tarik dan memiliki keunikan tersediri apabila dikembangkan oleh masyarakat dan mendapat dukungan dari Pemerintah dan pihak swasta untuk dipasarkan secara langsung maupun melalui sistem online.

"Kita di Papua ini lebih khusus ke etniknya yang unik, berbeda dengan sesuatu yang diproduksi dari pabrik beda dan nilai jualnya disitu," ungkapnya.

Ia juga mengungkapkan, sama halnya dengan makanan yang menjadi ciri khas suatu daerah, sebenarnya ada banyak potensi alam yang bisa dijadikan penganan, seperti umbi-umbian, sagu, mangrove, dan beberapa hasil alam lainnya

"Kalau makanan di Mimika untuk pasar lokal sebenarnya kayak keripik itu salah satu produksi di Papua yang bisa dikembangkan sehingga bisa menjadi pasar," tambahnya.

Semua itu bisa dikembangkan oleh masyarakat apabila mendapat perhatian dari pemerintah melalui isntansi terkait dan juga pihak swasta. Masyarakat akan mendapatkan manfaatnya dari sisi ekonomi dan pelestarian budaya serta makanan suatu daerah.

"Perlu keterlibatan pemerintah supaya ada suatu hal yang dibuat untuk menjadi icon Timika," harapnya. (Tim)

2020 TabukaNews.com | Designed by Putra Timika Informatika