Main Area

pesparawi xiii

Main

Mimika Masih Nol ODP dan PDP Covid-19, Satu Pasien Meninggal di RSUD ‘Hoax’

 

Timika,TabukaNews.com – Hingga hari ke enam, pasca ditetapkan Mimika dalam status siaga penceganan dan pengendalian virus corona atau covid-19, di Kabupaten Mimika hingga kini belum ada status Orang Dalam  pemantauan (ODP) maupun Pasien Dalam Pengawasan (PDP).

Sementara info yang beredar di masyarakat satu korban Corona yang meninggal di RSUD Mimika ternyata tidak benar adanya informasi tersebut alias berita bohong atau (hoax).

Juru bicara Tim Gugus Tugas Percepatan pengendalian Coronavirus Disiase (Covid-19) Kabupaten Mimika, Reynold Ubra membanta adanya informasi adanya satu korban meninggal dunia di RSUD Mimika yang merupakan pasien Corona. 

” Saya baru saja konfirmasi direktur RSUD Mimika, berita yang sebagaimana beredar pasien meninggal karena Covid-19 itu tidak benar atau hoax,” Jelas Reynold Ubra, di Posko pengendalian Covid-19. Timika Jaya Sp2.

Reynol menambahkan berdasarkan hasil pemeriksaan laboratorium. Pasien tersebut memiliki infeksi lain, termasuk dilihat dari sel darah putih yang sangat tinggi.

 

“Kalau orang yang terinfeksi coronavirus, pasti sel darah putihnya rendah,” katanya.

 

menambahkan, dari hasil pemeriksaan dokter spesialis paru, dapat dipastikan pasien tidak menunjukkan infeksi saluran pernapasan yang sama disebabkan oleh Coronavirus.

“Itu hubungannya jauh sekali dengan penyakit saluran pernapasan yang disebabkan oleh coronavirus,” jelas Reynold.

Sehingga dipastikan hingga saat ini di Kabupaten Mimika hingga saat ini, belum ditemukan status orang dalam pemantauan atau pasien dalam pengawasan. Berdasarkan laporan dari Satuan Sistem Kewaspadaan Dini dan Respons (SKDR) 24 Jam, ada 12 Fasilitas Kesehatan (faskes) yang melapor, 9 Puskesmas, 2 Rumah Sakit. (tim)

2020 TabukaNews.com | Designed by Putra Timika Informatika