Main Area

bayar pajak daerah
pesparawi xiii kab mimika
PON XX Papua

Main

Mimika Keren! Sukses Gelar Tarung Derajat PON XX Papua, Apresiasi Diberikan Kepada Pemda dan Masyarakat

Timika, TabukaNews.com  - Laga final Tarung Derajat yang bergulir pada Selasa (12/10) jadi penutup pertandingan Tarung Derajat dalam Pekan Olahraga Nasional (PON) XX Papua Klaster Mimika. 

Sejumlah pihak mengapresiasi kinerja pemerintah daerah, masyarakat dan termasuk panitia yang ikut mensukseskan jalannya pertandingan cabor asli Indonesia tersebut.

Ketua Harian Pengurus Besar Kodrat, Brigjen Pol Syamsul Bahri MM usai penyerahan medali kepada para atlet mengatakan, ada tiga faktor kesuksesan yang diraih Tarung Derajat dalam PON XX Papua yakni tertib, aman, dan lancar. Selain itu, ia menilai Papua bisa menjadi juara umum dalam gelaran Tarung Derajat karena memiliki nilai disiplin.

“Luar biasanya, tidak ada insiden, tidak ada protes, tidak ada yang menolak hasil yang ada hari ini. Hal itu mungkin dikarenakan Tarung Derajat adalah budaya kita. Karena olahraga ini asli Indonesia yang dilahirkan di Bandung oleh AA Boxer,” ungkapnya.

Apresiasi ia lontarkan kepada Gubernur Papua, Lukas Enembe dan Bupati Mimika Eltinus Omaleng atas sukses penyelenggaraan Tarung Derajat dalam PON XX di Papua. 

"Bisa begini aman saja itu menurut kami luar biasa. Siapa bilang Papua tidak aman? Aman. Buktinya kita kemana-mana saja bisa,” katanya.

Sang Guru Rimba Dirgantara Dradjat atau dikenal Kang Badai juga bersyukur karena pertandingan olahraga tarung derajat ini telah selesai dipertandingkan. 

"Dari segi penyelenggaraan awal hingga akhir pertandingan alhamdulilah kita lancar. Kemudian kita juga menunjukkan bahwa olahraga cabang tarung derajat Indonesia itu mempunyai nilai-nilai yang bisa dilihat di sini, katanya. 

Meskipun di dalam pertandingan mereka berdarah-berdarah, tetapi diluar pertandingan mereka rukun. 

"Inilah yang harus disebarluaskan, khususnya olahraga yang memang keras itu harus membuat suatu persatuan yang kuat dan harus dijaga untuk memperketat silahturahmi,"katanya. 

Sementara itu, Sang Guru Rimba juga berterima kasih kepada panitia PB PON pusat dan Mimika serta pihak pengamanan yang telah membantu guna menertibkan jalannya pertandingan.  

"Kita lihat semua masyarakat di sini sangat tertib disini sekali. Jadi, kalau ada yang bilang orang Papua kasar itu tidak benar. Orang Papua itu memang keras. Artinya, mereka disiplin," ujarnya. 

Sang Guru Badai Meganagara Dradjat atau lebih dikenal Kang Badai juga menambahkan bahwa  tarung derajat di pelaksanaan PON XX sampai hari terakhir secara kejuaraan berhasil. Hal ini dilihat dari tidak adanya atlet yang mengalami cedera parah. 

"Kemudian dari segi pelayanan kepanitiaan atlet pun baik, makan enak dan tidur pun enak. Saya ucapkan selamat kepada atlet Papua di tarung derajat yang telah berhasil meraih empat medali emas dan juara umum," ujarnya. 

Dirinya juga mengucapkan banyak terima kasih kepada Pemda Mimika yang telah memberikan  pelayanan terbaik atas terselenggaranya kegiatan ini.

Technical Delegate Tarung Derajat, H Noves Narayana menambahkan kesuksesan penyelenggaraan Cabor Tarung Derajat adalah berkat kerjasama semua pihak. Hal itu membuat tahapan Tarung Derajat berjalan dengan lancar sejak awal. 

"Bagusnya karena pertandingan bisa tetap berjalan dan secara khusus yang kami apresasi juga adalah penonton yang selalu dan tetap memenuhi prokes dan tak ada protes selama pertandingan berlangsung di Mimika. Terimakasih banyak warga Mimika,” tutupnya. (Humas PPM/ Rachmat Julaini, Aprina Hutapea, Elfrida Sijabat dan Ronald Renwarin)

 

 

2021 TabukaNews.com | Designed by Putra Timika Informatika