Main Area

bayar pajak daerah
pesparawi xiii kab mimika
PON XX Papua

Main

Meriahkan HUT Bhayangkara ke 75 Satuan Polairud Polres Mimika Gelar Lomba Dayung "Perahu Adat

Timika,TabukaNews.com - Memeriahkan Hari Ulang Tahun (HUT) Bhayangkara ke 75 dilaksanakan lomba dayung perahu adat di Pelabuhan Pomako tepatnya didepan dermaga Satuan Polairud Polres Mimika Rabu (30/6/2021). 

Kegiatan lomba perahu adat ini diikuti oleh 16 peserta  dengan 12 perahu adat. Kegiatan yang dilaksanakan oleh Satuan Polairud Polres Mimika tersebut dibuka secara resmi oleh Kapolres Mimika AKBP I Gusti Gde Era Adhinata. 

Kapolres Era dalam sambutannya mengatakan bahwa lomba perahu adat yang dilakasanakan hari ini, selain dalam rangka menyambut HUT Bhayangkara ke 75 yang jatuh pada Kamis(1/7/2021), kegiatan ini juga adalah salah satu bentuk kepedulian Polri dalam upaya melestarikan budaya masyarakat lokal. 

Era menagatakan ditengah perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi yang terus meningkat dengan. masuknya budaya budaya dari luar, hal ini tentunya akan memengaruhi budaya masyarakat lokal setempat. 

Maka penting untuk dilakukan kegiatan kegiatan pelestariaan budaya salah satunya melalaui perlombaan dayung perahu adat ini. 

"Adat mempunyai filosofi dalam kehidupan kita masing masing.Sudah banyak budaya  luar masuk membuat kita semakin lupa dengan budaya kita. Adat dan budaya itu sangat mempengaruhi kehidupan kita, "kata Era. 

Selain upaya menjaga pelesatarian budaya kegiatan lomba dayung perahu adat  juga akan menjadi salah satu objek wisata yang dapat  mendorong pertumbuhan ekonomi masyarakat  melalaui kegiatan perlombaan seperti ini. 

"Diawali dengan hal yang sederhana, nanti kita kemas menjadi hal yang lebih baik  dan menarik sehingga menjadi daya  tarik pariwisata yang ada di Mimika," kata Era.

Era menyampaikan terima kesih banyak kepada Satuan Polairud Polres Mimika yang telah menyelenggarakan acara lomba dayung perahu adat. 

"Saya sudah membicarakan hal ini dengan Kasat Polairud kita coba dulu dan nanti kita kembangkan.Jadikanlah momen hari hari khusus setiap tahun kita mengadakan lomba perahu adat. Kita cari tempat yang bagus dimana orang banyak yang datang sehingga dapat menambah penghasilan dari pada masyarakat khususnya disekitar Pomako ini,"kata Era. (Tim)

2021 TabukaNews.com | Designed by Putra Timika Informatika