Main Area

pesparawi xiii
DPRD Kabupaten mimika, Ucapan Maulid Nabi Muhammad SAW 2020
Sekwan DPRD Kabupaten mimika, Ucapan Maulid Nabi Muhammad SAW 2020

Main

Merasa Bagian Dari Hajatan Mereka, PPD Ngotot Ikut Pleno di Jayapura

TIMIKA, TABUKANews.com - Para anggota Panitia Pengawas Distrik (PPD) di Kabupaten Mimika merasa bahwa pleno penetapan pasangan calon (paslon) bupati dan wakil bupati Mimika yang maju dalam pemilihan kepala daerah (pilkada) pada 27 Juni mendatang ada bagian dari hasil kerja mereka juga.

Untuk itu mereka ngotot dan meminta KPU Mimika untuk memfasilitasi mereka juga ikut ke Jayapura untuk menghadiri pleno penetapan pada, Sabtu (17/2). 

Seluruh Anggota PPD se Kabupaten Mimika kecewa dengan kebijakan KPU Mimika untuk memindahkan pleno penetapan ini ke Jayapura dengan alasan gangguan jaringan internet yang sudah satu minggu lebih mati total di Timika.

 Sejumlah Anggota DPD dan PPS ngotot karena ini hajatan Kabupaten Mimika sehingga pleno penetapan harus dilakukan di Timika bukan di Jayapura.  Pada penyelenggara pilkada di tingkat distrik, kelurahan dan kampung ini merasa hasil kerja keras mereka tidak dihargai,  jika pleno itu dilakukan di Jayapura.  Bagi mereka pleno yang dilakukan KPU harus disaksikan langsung oleh PPD dan PPS karena itu hasil kerja mereka di lapangan. 

"Kami kecewa kenapa harus ditetapkan di Jayapura.  Kami sudah capek-capek bekerja sekuat tenaga tapi penetapan harus di tempat lain.  Apalagi kami kerja di lapangan tanpa didukung dengan dana yang cukup, mestinya kalau ada agenda seperti ini kami diikutsertakan.  Ini hajatan Mimika kenapa harus ditetapkan di  Jayapura,"teriak salah satu anggota PPD dan didukung oleh seluruh Anggota PPD. 

Permintaan untuk memberangkatakan Anggota PPD ke Jayapura tidak disetujui Ketua KPU Mimika Ocefina Magal, karena alasan keterbatasan dana.  Ocefina memahami kekecewaan anggota PPD dan PPS tapi pihaknya tidak bisa berbuat banyak karena keterbatasan dana.   

"Kami tidak masalah jika tidak diikutkan ke Jayapura tapi ini semua kerja keras kami harus dihargai.  KPU hanya terima hasil yang sudah matang. KPU tidak mau tahu dengan keadaan yang kami rasakan pada waktu kami bekerja di lapangan tanpa ada dukungan dana.  Belum lagi PPD-PPD pedalaman banyak mengalami kesulitan seperti faktor cuaca dan letak geografis yang harus ditempuh dengan perjuangan yang luar biasa. Mestinya KPU menyadari hal itu dan jangan undur-undur pembayaran operasional dan honor-honor PPD dan PPD,"kata  salah salah satu ketua PPD yang namanya tidak mau dipublikasikan.

Ketua KPU Kabupaten Mimika, T Ocefina Magal memahami kondisi kekecewaan anggota PPD dan PPS yang tidak diikutkan ke Jayapura untuk menyaksikan pleno. Pemindahan tempat pleno ini dengan pertimbangan agar agenda pilkada bisa jalan lebih kfektif kedepan.  Kekecewaan mereka juga terkait dengan hak-hak mereka yang sampai hari belum diterima. 

Ocefina mengatakan, pemindahan tempat pleno ke Jayapura dengan pertimbangan jaringan internet di sana normal, sehingga pihaknya bisa membuka data silon. Sementara Timika dan satu minggu belakangan ini jaringan lumpuh total dan tidak bisa internet sama sekali. 

"Kita lakukan pleno penetapan di Jayapura karena situasional. Kami KPU juga tidak ada rencana sebelumnya untuk pleno di sana. Untuk ke sana sudah ada kesepakatan bersama dengan pasangan calon (paslon) bupati dan wakil bupati,” terang Ocefina. 

Untuk mau berangkat jelas Ocefina, KPU mengalami kesulitan anggaran. Anggaran yang tersedia di luar dari rencana yang sudah dianggarkan. Untuk  itu teman -teman PPD dapat memahami itu dan atas nama KPU mohon maaf tidak bisa hadirkan teman-teman PPD dan PPS.  Anggaran perjalanan untuk komisioner saja setengah mati.  

Terkait honor PPD yang belum cair, Ocefina  menuturkan  dana mereka belum turun dan masih menunggu dari KPU Provinsi di Jayapura.  Sampai saat ini memang KPU Mimika belum bayar honor semua anggota PPD dan PPS karena belum ada dana.  Bahkan semua hak-hak PPD dan PPS dari 28 kabupaten/kota juga belum turun sampai hari ini. (dzy/tim).

DPRD Kabupaten mimika, Ucapan HUT Kab.Mimika
Sekwan DPRD Kabupaten mimika, Ucapan HUT Kab.Mimika
2020 TabukaNews.com | Designed by Putra Timika Informatika