Main Area

pesparawi xiii
HUT Republik Indonesia Ke 75

Main

Menuju Mimika Satu Data, Data Kependudukan Harus Valid

Timika,TabukaNews.com - Anggota Komisi C DPRD Mimika, Leonardus Kocu, menyampaikan menuju Mimika satu data maka data kependudukan harus valid. Hal ini disampaikan agar perbedaan data tak terus- menerus mengundang polemik.
"Tadi kita rapat dengan KPU, Bawaslu dan Dispencapil itu kita minta segera untuk melakukan validasi data,supaya tidak ada perbedaan dalam data," ungkap Leo saat ditemui di Kantor DPRD Mimika, Rabu (8/7/20).


Kata Leo, penyampaian dari Badan Pusat Statistik (BPS) Kabupaten Mimika bahwa mereka hanya sebagai penanggung jawab untuk data base untuk sport data kebutuhan nasional, sedangkan kebutuhan daerah itu diolah di masing-masing sektor di dinas-dinas yang ada.
"Tapi itupun masih kaco sampai saat ini, kita minta masing-masing sektor di dinas-dinas untuk bentuk satu tim terpadu dalam melakukan validasi kebutuhan data. Ini supaya membantu pemerintah dalam mengambil keputusan-keputusan untuk pembangunan kedepannya," katanya.
Sehinga nanti pada saat menuju Pemilu itu sudah valid datanya, karena tupoksinya KPU dan Bawaslu itu bukan menyibukkan untuk mengumpulkan data,mereka hanya sebagai pengguna data. Oleh karena itu yang punya tugas dalam pengumpulan data adalah dinas-dinas terkait.
"Untuk validasi data ini juga harus dibentuk satu tim terpadu karena ini nanti didorong dengan anggaran, supaya anggaran itu lewat satu pintu saja. Selain itu juga kita minta tidak boleh ada ego sektoral," ujarnya. (tim)

2020 TabukaNews.com | Designed by Putra Timika Informatika