Main Area

pesparawi xiii

Main

Menteri Susi Minta PTFI Kembangkan Nelayan Lokal

Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pujiastuti  saat menyaksikan Perwakilan PT Freeport Indonesia menyerahkan bantuan jaring kepada nelayan lokal di Poumako, Rabu (21/3) lalu/ Foto : dok tabukanews.com

TIMIKA, TABUKANews.com - Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pujiastuti meminta PT. Freeport Indonesia agar lebih maksimal membantu dan mendorong nelayan lokal agar menjadi nelayan produktif.

Menurutnya hasil laut terutama ikan di perairan Papua dan Maluku sangat berlimpah. Apalagi saat ini tidak ada kapal asing yang beroperasi di lautan Indonesia.

"Laut kita sekarang banyak ikan. PTFI harus mengembangkan nelayan untuk menangkap ikan. Kapal trol sudah tidak ada di pelabuhan. Kalau bisa di setiap kampung disediakan cool storage yang berkapasitas 1,5 ton. Ini tidak mahal," harapnya.

Ia yakin bahwa dengan bantuan PT Freeport, nelayan di Mimika akan berkembang sehingga dapat meningkatkan pendapatan ekonomi keluarga.

"Apalagi di Timika ini bukan hanya banyak ikan tapi udang juga. Jika dimaksimalkan maka sangat berdampak ekonomi. Nelayan lokal harus dibantu baik secara peralatan maupun marketnya," katanya.

Dikatakan, Mimika merupakan daerah penopang bagi beberapa kabupaten tetangga, terutama yang berada di wilayah pegunungan.

"Hasilnya kan bisa kita suplai ke atas karena masyarakat disana sangat membutuhkan protein," ujarnya.

Untuk diketahui, PT. Freeport Indonesia  saat ini memberdayakan nelayan di 14 kampung pesisir di Mimika. Pemberdayaan tersebut merupakan hasil kerjasama PTFI dengan pemda, gereja keuskupan, Usaid, LPMAL, TNI dan beberapa yayasan di Mimika. (tim)

2020 TabukaNews.com | Designed by Putra Timika Informatika