Main Area

Main

Menteri Pendidikan Muhadjir Effendy Kunker Ke Timika

Kunjungan Mentri Pendidikan RI Muhadjir Effendy saat Melihat Pelaksanaan UNBK di SMP N 2 Mimika

 

TIMIKA,TABUKANews.com  - Menteri Pendidikan RI Muhadjir Effendy bersama rombongan melakukan Kunjungan Kerja (Kunker) ke Timika dalam rangka peninjauan langsung sarana dan prasarana serta pelaksanaan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) di Timika, Senin (23/4).

Dalam kunker tersebut Menteri Pendidikan RI Muhadjir Effendy didampingi Seketaris Jendral Pendidikan Didik Suhardi Phd, bersama rombongan dan disambut oleh Wakil Bupati Mimika Yohanes Bassang SE, M. Si, Sekda Mimika Ausilius You, S.Pd., MM, MH Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Mimika Jeni Usmani S. PD. M. Pd Kapolres Mimika AKBP Agung Marlianto, S. IK, MH, Danyon B Brimob Timika Kompol I Gede Putra, S. IK, SH

Menteri Pendidikan RI Muhadjir Effendy kepada awak media di Timika terkait kunjungan mengatakan, terkait kunkernya ke Timika untuk melihat kesiapan sarana dan prasarana dari Dinas Pendidikan Kabupaten Mimika dalam pelaksanaan UNBK di Mimika.

"Sesuai janji saya untuk mengecek kesiapan persiapan Ujian Nasional yang berbasis komputer maupun yang berbasis kertas untuk wilayah di paling pinggir dari Indonesia terkait sarana dan prasarana sehingga penyelenggaraan mungkin masih banyak kekurangan," kata Muhadjir.

Hanya saja dirinya menilai, pelaksanaan UNBK di Timika berjalan baik dan lancar, sebab didukung oleh sarana dan prasarana yang sudah mencapai 50% baik yang berbasis komputer maupun manual atau kertas, namun dalam kunkernya ditemukan beberapa sekolah yang berada di lokasi konflik yang tidak melaksanakan UBNK dan kondisinya memperhatikan seperti sekolah SD Inpres Kwamki Narama.

"Tapi apa yang saya lihat Menurut saya sudah baik, baik yang menggunakan komputer maupun kertas dan berjalan sesuai dengan ketentuan yang berlaku kecuali di beberapa tempat yang karena konflik sehingga pertukaran pengawas untuk saat ini tidak bisa dilaksanakan," ungkapnya.

Ia berjanji dengan kondisi sekolah yang tidak terawat akibat konflik. Sebab telah menjadi catatan baginya untuk memperbaiki sekolah-sekolah di Papua terlebih khusus di Timika yang dikatakan tidak layak untuk dilaksanakan proses belajar mengajar.

"Saya juga melihat kondisi sekolah yang sangat tidak terawat dan parah akibat dari konflik. Ini juga akan. menjadi catatan untuk perbaikan secara menyeluruh terutama di wilayah Papua," tuturnya.

Sementara itu dalam kunjungan Menteri Pendidikan setibanya di Bandara Internasional Moses Kilangin langsung mengunjungi SMP YPPK Santo Bernadus Timika, SMP Negeri 3, SMP NEGERI 2 dan SMP 11 yang berlokasi didalam kota.

Direncanakan besok (hari ini-- red) Menteri Pendidikan akan mengunjungi sekolah di Banti yang dibakar oleh Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) serta mengunjungi sekolah di Aroanop. (tim)

2019 TabukaNews.com | Designed by Putra Timika Informatika