Main Area

Main

Menkopolhukam Akan Sampaikan Keluhan Pengungsi Kepada Presiden

Menkopolhukam,didampingi Panglima TNI,Kapolri,Kapolda Papua,Pangdam XVII Cenderawasih ,Wakil Bupati Mimika dan Ketua DPRD Mimika ketika tatap muka bersama warga pengunsian dari Wamena dan Ilaga/Foto:Tim/TabukaNews.Com

Timika,TabukaNews.Com – setelah mendengar keluhan dan harapan dari warga pengungsi dari Wamena dan Ilaga, Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum dan Keamanan (Menkopolhukam) RI, Wiranto akan melaporkan kepada Presiden RI, Ir Joko Widodo.

"Jadi laporan ke Presiden itu sebagai bahan kebijakan, kebijakan untuk bagaimana kedepannya nanti kita bisa lebih menjamin keamanan di Daerah Papua dan Papua Barat," Ungkap Wiranto dalam kegiatan Tatap Muka bersama pengungsi Wamena dan Ilaga, di Rimba Hotel Papua (RPH), Mimika, Papua, Rabu (9/10).

Selain itu,kata Wiranto bahwa untuk menjamin rasa aman kepada masyarakat Papua maupun non Papua oleh TNI/Polri akan menggelar kekuatan.

"Tapi ada satu hal yang lebih penting lagi, yaitu bagaimana kita segera bisa memperbaiki kerusakan yang diakibatkan oleh kerusuhan kemarin," Katanya.

Menambahkan, namun yang lebih penting lagi bagaimana kita mengajak saudara-saudara kita di Papua ini untuk bersama-sama kembali bersatu sebagai satu bangsa besar yaitu bangsa Indonesia untuk sama-sama menjamin, menjaga kerukunan dan menjaga kedamaiana diantara kita.

Dengan kedatangan bersama rombongan, kata Wiranto adalah untuk melihat langsung keadaan pengungsi Wamena dan Ilaga yang ada di daerah Papua baik di Mimika, jayapura.

"Yang bisa kita lihat terutama untuk bertemu dengan para pengunsi, serta berbicara dengan tokoh-tokoh masyarakat, tokoh-tokoh agama dan tokoh-tokoh adat,"katanya.

Sementara Wakil Bupati Mimika, Johannes Rettob dalam penyampainya mengatakan bahwa sebagai tuan rumah tentu sudah menjadi tanggungjawab bagaimana caranya menggerakkan seluruh elemen masyarakat untuk berikan bantuan.

"Kami di Mimika sebenarnya sudah menerima cukup banyak warga pengunsian mulai dari Wamena dan Ilaga. Dan mereka ini secara bertahap sudah pulang dan yang ada saat ini kebanyakan keluarga besar dari Toraja, dari Maluku dan dari Jawa Timur, namun yang dari Jawa Timur sisa 9 orang dan diharapkan mereka bisa kembali," ungkapnya.

Disampaikan Wabup, bahwa kedatangan warga pengungsi  ini juga sebagian besar langsung dijemput oleh masing-masing paguyuban maupun keluarga yang ada di Timika.

"Tapi kami dari pemerintah daerah senantiasa terus mengunjungi dan memberikan bantuan,"ujarnya.

Dalam kesempatan tersebut, Wabup juga menyampaikan untuk situasi suasana di Timika sangat kondusif aman hingga saat ini, dan semua kegiatan perekonomian dan pembangun berjalan dengan baik.

"Kami juga sudah deklarasikan kedamaian di Mimika bersama TNI/Polri,ormas-ormas dan semua elemen masyarakat. Dan puji Tuhan dari deklarasi sampai saat ini berjalan aman dan damai, kita saling menghargai satu sama lain dan yang paling utama papua tetap NKRI,"ungkapnya.

Hadir dalam tatap muka dengan warga pengunsian dari Wamena dan Ilaga, Menkopolhukam RI,Wiranto. Panglima TNI,Marsekal TNI Hadi Tjahjanto, S.I.P, Kapolri ,Jendral Pol Tito Karnavian. Pangdam XVII Cenderawasih,Mayjen TNI Herman Asaribab. Kapolda Papua, Irjen Pol Drs. Paulus Waterpau. Wakil Bupati Mimika,Johannes Rettob dan Ketua DPRD Mimika,Elminus B.Mom. (Tim)

2019 TabukaNews.com | Designed by Putra Timika Informatika