Main Area

Pelantikan dprd mimika

Main

Mengenal Sosok Wakil Bupati Mimika Yohannes Rettob

Wakil Bupati Johannes Rettob, S.Sos MM/ Foto : IST

 

Timika, Tabukanews.com,Johannes Rettob, S.Sos MM atau akrab disapa Pak Jhon, lahir di Kokonao, 19 Oktober 1962 dari pasangan Caspar Rettob dan Fransina Kebubun yang bertugas sebagai guru Perintis Pendidikan dan Agama katolik yang membangun Peradaban Baru Masyarakat suku Mimika di mulai dari kampung Keakwa, Amar, Pronggo, Kaugapu, Iwaka dan Ipaya. Johannes Rettob diangkat sebagai PNS pada tahun 1984 dan bekerja sebagai teknisi penerbangan di Bandara Kemayoran Jakarta.

Ia diperbantukan di PT. Angkasa Pura di tahun 1985. Dan setelah itu dipindahkan ke Bandara Hasan Syarif Kashim Pekan Baru.Tahun 1995 Johannes Rettob menikah dengan Susana Herawaty yang dikaruniai lima orang anak. Thendra Candra ( Alm ), Roberth Charles ( alm ), Maria Elisabeth, Maria Veronika dan Maria Fransina.

Setelah menyelesaikan semua proses Pendidikan dan disertai dengan segudang pengalaman yang dimiliki, tahun 2001 Johannes Rettob mengambil keputusan untuk pulang kampung setelah diminta oleh Bupati Administratif. Drs. Titus Okto?anus Potereyauw. Ketika itu, ia menjabat Kepala Sub Bidang Perhubungan Udara selama 15 tahun dan pada tanggal, 9 Februari 2015, ia dilantik oleh Bupati Eltinus Omaleng sebagai Kepala Dinas Komunikasi Informatika dan Perhubungan Kabupaten Mimika.

Johannes Rettob tidak saja sibuk di dunia pemerintahan tapi juga terlibat aktif dalam berbagai urusan. Mulai dari pembangunan Gereja Katedral Tiga Raja, Gereja Paroki St. Stefanus Sempan, SMP/SMA Bernardus Timika hingga kantor Keuskupan Timika. Ia diangkat sebagai Ketua Dewan Paroki St. Stefanus Sempan selama sepuluh tahun, ketua pembangunan Gereja St. Stefanus Sempan dan saat ini dipercayakan sebagai penasehat Dewan Paroki.

Johannes Rettob berkarir sebagai abdi negara kurang lebih 34 tahun, ia mendapat penghargaan Satya Lencana Karya Satya untuk 10 tahun masa kerja dari Presiden Abdul Rahman Wahid dan Satya Lencana Karya Satya untuk 20 tahun masa kerja dari Presiden Susilo Bambang Yudhoyono.

Pada Pemilihan Umum Kepala Daerah Serentak 2018, Johannes Rettob memutuskan untuk mengakhiri karier di bidang pemerintahan dan berpasangan dengan Eltinus Omaleng sebagai calon Wakil Bupati dan akhirnya memenangkan Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Pada Pemilihan Umum Kepala Daerah Serentak 2018.

Johannes Rettob dilantik sebagai Wakil Bupati Kabupaten Mimika pada tanggal, 6 September 2019 dan akan bekerja dengan Visi “Mewujudkan Mimika cerdas menuju masyarakat aman, damai, profesional dan sejahtera.(Tim)

2019 TabukaNews.com | Designed by Putra Timika Informatika