Main Area

Main

Matangkan Persiapan, Panpel Pesparawi XIII Kontinyu Gelar Rakor

Rapat Koordinasi Panpel dengan Koordinator Dan anggota Bidang Transportasi/Foto : Istimewa

 

TIMIKA, Tabukanews. com - Rapat persiapan menjelang pelaksanaan Pesparawi ke XIII di Kabupaten Mimika terus digeber. Pada Selasa (8/7) Ketua Panpel, Johannes Rettob melakukan pertemuan dengan seksi transportasi yang dikooridinir kepala Dinas Perhubungan Kabupaten Mimika, Yan Selamat Purba.

JR sapaan khas John Rettob mengemukakan, kesiapan tranportasi menjadi sangat penting karena peserta yang datang mencapai kurang lebih 12.000 orang yang tentu membutuhkan dukungan transportasi yang maksimal. Namun satu hal yang pasti, panitia menyiapkan transportasi gratis untuk semua kontingen selama berada di Timika.

"Saya berharap bapak ibu memberikan dukungan penuh untuk mereka, jangan sampai mereka tidak ikut lomba karena ketiadaan teansportasi," ujarnya.

JR mengemukakan, saat pertemuan di Jayapura, pertanyaan paling mendasar dari kabupaten-kabupaten lain adalah masalah transportasi. Karena untuk menuju Timika hanya menggunakan transportasi udara dan laut. 

"Sebenarnya pertanyaan itu wajar, karena akses ke Timika belum ada jalan darat. Masalah transportasi sangat penting untuk kita bahas apalagi selain pesparawi, nanti ada PON bulan september, bulan Oktober Pomnas, disusul beberapa agenda lain yang berskala nasional," ungkapnya.

Berkaitan dengan hal itu, JR meminta Dishub Mimika bekerjasama dengan Lanud untuk ketersediaan pesawat hercules. Apalagi Lanud Timika sudah sangat siap mendukung pelaksanaan Pesparawi di Mimika.

"Karena transportasi susah, saya sudah janjikan untuk akses transportasi darat selama di Timika gratis untuk semua kontingen se Papua dan Papua Barat, antar jemput kita siapkan dua unit minibus. Tapi kalau ada yang minta tambahan mobil tentu dibayar," ungkapnya.

Sedangkan untuk akomodasi, dikenakan biaya Rp 175.000 perorang untuk sehari atau 3 kali makan.

Selain itu ia mengemukakan, mulai September pihaknya melaunching internet gratis. Hal ini juga demi mendukung aplikasi transportasi online lokal Timika. "Sehingga semua peserta mendapat layanan tranportasi online yang terjamin dari sisi harga dan keamanan," katanya.

Sedangkan ketua LPPD Mimika, Johannes Rettob mengemukakan, kemungkinan 43 bupati, wakil bupati dan sekda dari 43 kontingen yang mengikuti lomba, akan turut hadir.

"Jadi ketersediaan transportasi sangat penting. Di Kaimana saja, ada kontingen yang bawa mobil pakai kapal. Daerah lain persiapan pesparawi dua tahun, tapi di Timika kita hanya satu tahun. Ini ivent yang cukup besar, perlu kesiapan yang matang. Apalagi bapak presiden juga hadir, luar biasa," ujarnya.(fan)

2019 TabukaNews.com | Designed by Putra Timika Informatika