Main Area

pesparawi xiii
DPRD Kabupaten mimika, Ucapan Maulid Nabi Muhammad SAW 2020
Sekwan DPRD Kabupaten mimika, Ucapan Maulid Nabi Muhammad SAW 2020

Main

Massa Omtob Tuntut KPU Mimika Diberhentikan

Massa dari Omtob saat menggelar aksi demo di depan kantor KPUD Mimika,Selasa (12/6)Foto : Dok Tabukanews.com

TIMIKA, TABUKANews.com - Buntut kekecewaan karena tidak dilibatkannya paslon OMTOB dalam rapat koordinasi debat kandidat beberapa waktu lalu hingga paslon OMTOB mengeluarkan Mosi tidak percaya, Ribuan massa pendukung OMTOB mendatangi kantor KPU Mimika, Selasa (12/6). 

Mereka menuntut Ketua KPU Mimika T Ocefina Magal dan Yoel Luis Rumakewi dicopot dan diberhentikan dari komisioner KPU Mimika.Pasalnya kedua komisioner tersebut sudah tidak layak lagi untuk menjadi komisioner karena tidak bisa menjalankan tahapan Pilkada dengan baik dan ada indikasi membela salah satu Paslon lain. 

Koordinator aksi Robbi Kamaniel Omaleng dalam orasinya meminta keoada KPU Privinsi Papua untuk mencopot dan mengganti ketua KPU Mimika. Karena KPU mimika tidak mampu menjalankan Pilkada dengan baik. Hal tersebut di buktikan adanya tahapan-tahapan yang tidak sesuai dengan jadwal yang ada.

"KPU Mimika bobrok turunkan Ocefina Magal dan Luis Rumakewi mereka tidak bisa bejerja banyak sekali pelanggaran-pelanggaran yang dilakukan oleh penyelenggara Pilkada Mimika. Turunkan mereka KPU Provinsi harus ambil alih," Teriak Robbi dihadapan Massa.

Menurut Robbi juga banyak kecurangan kecurangan-kecurangan yang dilakukan oleh Ketua dan Komisioner KPU Mimika. KPU Mimika tidak bersifat netral dan KPU Mimika bukan lagi sebagai penyelenggara tetapi sebagai tim sukses salah satu pasangan calon. Maka menurut Robi Pilkada ini harus diselamatkan dengan mencopot Ketua KPU dan KPU Provinsi Papua mengambil alih.

"Pilkada ini milik enam Paslon bukan milik satu paslon saja kami lihat KPU tidak netral dengan mendukung salah satu Paslon. Pilkada ini milik masyarakat Mimika jadi KPU harus netral. Lebih baik ketua KPU dicopot sebelum Pilkada menjadi hancur," ungkap Robbi.

Sementara itu Kapolres Mimika AKBP Agung Marlianto  menyampaikan informasi yang menyatakan bahwa Komisioner KPU Provinsi Papua datang dari Jayapura untuk menonaktifkan Komisioner KPU Mimika dan akan mengambil alih tugas dan tanggung jawabnya.

"Permintaan saudara-saudara terjawab saya memperoleh informasi hari ini komisioner KPU Provinsi datang ini sdh dalam perjalanan menurut jadwal siang ini sudah tiba dan akan mengambil alih tugas KPU Provinsi," tutur Kapolres di hadapan masa pendukung OMTOB.

Tidak lama kemudian Komisioner KPU Provinsi Papua Izak Hikoyabi datang dan menemui massa OMTOB dan dirinya meminta kepada masa OMTOB untuk tenang karena kedatangan dirinya untuk menggantikan tugas dan tanggung jawab dari KPU Mimika. Pasalnya hal tersebut merupakan hasil pertimbangan dari KPU Provinsi Papua.

"Saya minta tenang semua tadi malam kita plenokan dan kami sepakat mengambil alih Pilkada Mimika dan kamibnon aktifkan Ketya KPU. Kami tegaskan tidak ada demo-demo lagi tujuh hari kedepan marilah kita laksankan Pilkada ini dengan baik,"tutur Izak dihadapan masa OMTOB.

Setelah mendengarkan penjelasan dari Komisioner KPU ketua aksi Robi Omaleng menyerahkan tuntutan kepada KPU Provinsi Izak Hikoyabi selanjutnya masa OMTOB membubarkan diri dengan tertib. (tim)

DPRD Kabupaten mimika, Ucapan HUT Kab.Mimika
Sekwan DPRD Kabupaten mimika, Ucapan HUT Kab.Mimika
2020 TabukaNews.com | Designed by Putra Timika Informatika