Main Area

Pelantikan dprd mimika

Main

Masalah Hak Dasar Masyarakat, Harus Ada Perwakilan Kamoro Di Parlemen

Tokoh Lemasko Marianus Maknaipeku / Tim Tabukanews.com

 

 

Timika, Tabukanews.com - Salah satu Tokoh Lemasko Marianus Maknaipeku meminta kepada KPU Kabupaten Mimika yang mana akan melakukan penetapan perolehan kursi dan calon terpilih pada tanggal 1 Agustus besok agar bisa menempatkan perwakilan Orang asli Kamoro di parlemen pada periode 2019-2024 agar bisa melihat hak-hak dasar masyarakat Kamoro yang selama ini dirampas.

 

"Jadi dari lembaga adat sangat prihatin kalau kursi legislatif itu tidak ada keterlibatan perwakilan Kamoro," kata Marianus ketika ditemui di bilangan jalan Budi Utomo, Selasa (30/7).

 

Ia menjelaskan, penetapan calon legislatif terpilih jangan karena ada intervensi pihak lain tapi murni suara rakyat. Namun kenyataannya banyak Caleg yang tidak diakomodir lantaran adanya dugaan intervenis pihak lain.

 

oleh sebab itu dirinya meminta kepada KPU agar lebih bijak melihat hal tersebut. Sebab, lembaga DPRD ini bukan hanya menempatkan orang, tapi bagaimana bisa meperjuangkan hak-hak masyarakat. salah satu contoh tapal batas antara kabupaten tetangga, saat ini tidak ada perwakilan DPRD yang mengupayakan untuk penyelesaian masalah tersebut.

 

"DPRD ini sangat penting, bukan sekedar cari uang, tapi bagaimana memperjuangkan hak-hak kesulungan masyarakat adat yang telah hilang," ungkapnya. (Tim)

2019 TabukaNews.com | Designed by Putra Timika Informatika