Main Area

Pelantikan dprd mimika

Main

Masa Jabatan DPRD Semakin Dekat, KUA PPAS Belum Dibahas

Anggota Komisi B DPRD Mimika Karel Gwijangge, S. IP/ Foto: Tim/Tabukanews.com

Timika, Tabukanews.com - Anggota Komisi B DPRD Mimika Karel Gwijangge, S. IP mengatakan, saat ini 35 anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Mimika masih menunggu penyerahan dan pembahasan Kebijakan Umum Anggaran Prioritas Plafon Anggaran Sementara (KUA PPAS) Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) 2020 sementara waktu yang tersisa 19 hari kerja. Hal tersebut sangat tidak memungkinkan untuk pembahasan dalam waktu dekat.

“Sekian banyak kali kami dewan meminta supaya KUA PPAS APBD 2020 itu dimasukkan lebih cepat setelah perubahan,” kata Karel saat ditemui di kantor DPRD Mimika, Senin (4/11).

Ia menjelaskan, hingga awal bulan November materi fisik KUA PPAS tak kunjung diantar untuk diperbanyak dan dibagikan kepada seluruh anggota dewan untuk dipelajari dan dibahas. Dengan waktu yang tersisa sangat tidak mungkin Badan Anggaran (Banggar) DPRD Mimika akan membahas anggaran sebesar RP 4,2 Triliun dalam jangka waktu beberapa hari. Dengan kondisi tersebut kemungkinan besar anggota DPRD periode 2014-2019 tidak akan membahas anggaran tersebut.

Pembahasan anggaran kali ini bukan sebesar Rp 1 Triliun atau 2 Triliun, tapi anggaran kali ini diproyeksikan sebesar Rp 4,2 Triliun namun anggaran tersebut bisa juga naik dan bisa turun sehingga harus dibahas secara detail. Artinya pembahasan anggaran untuk satu OPD memakan waktu 2 sampai 3 hari dan maksimal pembahasan anggaran secara keseluruhannya efektifnya memakan waktu 3 bulan.

“Sampai hari ini rupanya secara fisik materi belum diantar, saya pikir sangat tidak cukup waktu kemungkinan bisa batal dan akan berakhir sementara dalam pembahasan,” jelasnya.

Dengan kondisi waktu yang sudah mepet, dirinya mulai pesimis kalau anggota DPRD Mimika periode 2014-2019 yang akan membahas anggaran tersebut.

“Sebelum menjadi RKA, KUA PPAS ini nanti dibahas, dan saya lihat waktu ini mulai terancam kalau kita masih santai-santai seperti ini saya sudah mulai kurang optimis,” ungkapnya. (Tim)

2019 TabukaNews.com | Designed by Putra Timika Informatika