Main Area

pesparawi xiii
dprd kabupaten mimika

Main

Marselus Kelanangame, Wasit Futsal Nasional Siap Memimpin Pertandingan PON 2021


Timika,Tabukanews.com - Satu lagi putra asli Amungme bisa kiprah di level nasional. Namanya Marselus Kelanangame, ia kini berpredikat wasit futsal nasional. Pada Minggu (26/07/2020) kemarin Marselus mendapatkan sertifikat wasit futsal Level-1 setelah mengikuti  Kursus Wasit Futsal Tingkat Nasional di Kabupaten Tangerang, Banten, 15-18 Agustus 2019 lalu.

Dengan mengantongi sertifikat wasit futsal Level-1, ia berpeluang besar dipercaya memimpin pertandingan pada PON XX nanti yang dihelat di Kota Timika Oktober 2021 mendatang.

Ada cerita panjang di balik pencapaian nasionalnya sekarang. Bermula dari 2017, ketika lulus pendidikan menengah di Semarang, ia memutuskan melanjutkan pendidikan tinggi di Fakultas Olahraga Universitas PGRI Semarang.

"Saat itu lagi ada acara expo di kampus. Di situ ada UKM wasit kampus. Saya bayar administrasi 10 ribu dan terdaftar sebagai peserta didik wasit kampus. Setelah itu saya mulai aktif mengikuti jadwal latihan UKM wasit kampus," kisah Marselus.

Di tahun yang sama, ia sudah direkomendasikan kampus mengikuti kursus wasit futsal level 3 nasional di Kota Batu Malang. Ketika itu, ia mendapat dukungan Yayasan Binterbusih.

"Itu 11 Desember 2017, persis hari ulang tahun saya ke 21 tahun," kenang Marselus.

Tahun 2018, ia sudah berpredikat wasit level 2 nasional setelah mengikuti kursus perwasitan di Jakarta Barat. KONI Mimika dan Yayasan Binterbusih mensupportnya saat itu.

Mahasiswa semester VI itu lalu dipercaya ikut memimpin pertandingan di Liga Futsal Nusantara di Jayapura pada tahun 2019.

Didukung KONI Mimika dan Lemasa, ia kemudian berangkat ke Tangerang mengikuti Kursus Wasit Futsal Tingkat Nasional.  Dan 26 Juli kemarin, ia resmi berpredikat wasit level 1 nasional.

"Pesan saya kepada generasi muda Papua, khususnya di Mimika jangan pernah berpikir kita tidak bisa. Kita coba dulu, gagal kita coba lagi. Ada waktunya kita bisa. Jangan menyerah. Kita sendiri yang harus memulai, bukan orang lain," pesannya.

Kini Marselus sedang menarget level Asia. Ia berharap banyak pihak bisa mendukungnya menjadi wasit futsal AFC Asia.

"Saya tidak pernah berpikir ini terjadi pada saya, bisa menjadi wasit nasional.  Saya sangat bersyukur, Tuhan yang memberi jalan," kata Marselus.

Sekretaris KONI Mimika, Cessar Avianto Tunya membenarkan, Marselus Kelanangame memang diorbitkan memimpin pertandingan di PON 2021 nanti. Hal itu juga didukung oleh Techincal Delegate Cabang Olahraga Futsal.

"Arahan ketua Umum KONI Mimika yang adalah Bupati Mimika, bapak Eltinus Omaleng memang menginginkan agar kita memperbanyak wasit-wasit bersertifikat nasional. Kita selalu mendorong peningkatan kapasitas wasit di semua cabor. Kami berharap dan terus menggali potensi wasit nasional dari cabor-cabor lain," pungkasnya. (Tim)

2020 TabukaNews.com | Designed by Putra Timika Informatika