Mantapkan Diri Sebagai Ibukota Provinsi Papua Tengah, Pemda Mimika Anggarkan 1,9 Miliar Untuk Bangun Kantor Gubernur

Mantapkan Diri Sebagai Ibukota Provinsi Papua Tengah, Pemda Mimika Anggarkan 1,9 Miliar Untuk Bangun Kantor Gubernur

Timika,TabukaNews.com


Meski masih dalam proses penentuan bakal calon ibukota Provinsi Papua Tengah kelak, namun Bupati Mimika Eltinus optimis bahwa Timika yang akan jadi ibukota.

Sebagai bukti keseriusan Omaleng, tahun ini Pemda Mimika menggelontorkan dana sebesar 1,9 Miliar untuk pembangunan kantor gubernur pada Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang.

Tidak hanya kantor gubernur yang akan dibangun tahun ini. Terdapat juga beberapa kantor lainnya yang akan dibangun seperti Kantor Dinas Pemberdayaan Masyarakat Kampung (DPMK), Dinas Pendidikan, Dukcapil, Bapenda, BPKAD, Dinas Perhubungan, Pusat UMK Mimika, serta Kantor Bappeda.

Kepala Bappeda Kabupaten Mimika, Yohana Paliling mengatakan, bahwa pembangunan tersebut dilakukan sebagai salah satu persyaratan menjadi ibukota Provinsi Papua Tengah.

"Ini adalah bentuk keseriusan kita untuk menjadi ibukota Provinsi Papua Tengah. Kita sudah anggarkan sebesar 1,9 Miliar.
Kemarin kita sudah foto copy DPA menandakan bahwa kita sudah anggarkan untuk perencanaan pembangunan,” tuturnya.

Selain dari sektor pembangunan kantor-kantor dinas, data-data penunjang seperti jumlah Aparatur Sipil Negara (ASN) baik yang Orang Asli Papua dan non OAP juga sudah disiapkan sebagai syarat kesiapan SDM. Begitu juga dengan aset yang akan diserahkan ke provinsi.

"Pembangunan tahap awal sudah dimulai untuk semua kantor ditahun ini, karena sifatnya bertahap. Intinya kalau Timika jadi ibukota provinsi Papua Tengah, kita sudah siap," imbuhnya.

Sebelumnya, Bupati Mimika Eltinus Omaleng menegaskan, bahwa Timika sebagai ibukota Provinsi Papua Tengah tidak akan lari ke kabupaten lain. Dirinya sangat yakin, apabila hanya Kabupaten Mimika yang layak sebagai calon ibukota tunggal.

"Kita di Timika semuanya ada dibanding kabupaten-kabupaten lain yang ada dalam kawasan Papua Tengah. Kalau Tuhan yang tentukan, maka kita bisa apa. Timika itu ibukota Provinsi Papua Tengah, titik," tegasnya. (**)

Idul Fitri 1 Syawal 1443 H

dprd kabupaten mimika
keluarga johannes rettob
bpkad kabupaten mimika
kesbangpol kabupaten mimika
perhubungan kabupaten mimika
dprd kabupaten mimika
tanaman pangan kabupaten mimika
pendapatan daerah kabupaten mimika
tp-pkk kabupaten mimika
kampung nawaripi

Tentang Kami

Memberikan informasi yang benar karena kami Berpihak Pada Kebenaran yang Jernihnya Nyata