Main Area

Pelantikan dprd mimika

Main

Mantan Kadinkes Mimika Divonis Tiga Tahun Penjara

Timika, Tabukanews.com - Mantan Kepala Dinas Kesehatan (Kadinkes) Kabupaten Mimika, Philipus Kehek divonis tiga tahun penjara oleh hakim Pengadilan Tindak Pidana Korupsi (Tipikor) Kelas IA Jayapura dalam perkara korupsi proyek pengadaan perahu puskesmas keliling (pusling).

Putusan tersebut lebih rendah dari tuntutan jaksa, 4 tahun 6 bulan penjara.

"Putusannya sudah inkrah. Kami sudah mengeksekusi para terpidana pada 16 Agustus lalu," kata Kasi Pidsus Kejaksaan Negeri Mimika, Achmad Birawa kepada wartawan, ketika ditemui di ruang kerja di kantor Kejari Mimika jalan Agimuga, Selasa (18/9).

Ia menjelaskan, terpidana lain dalam kasus tersebut, Steven Mustari divonis dua tahun empat bulan penjara dan Budiman divonis satu tahun empat bulan penjara. Vonis dua terpidana ini juga lebih rendah dari tuntutan jaksa.

Proyek pengadaan 16 unit perahu pusling pada Dinkes Mimika tahun anggaran 2016 bersumber dari Dana Alokasi Khusus dengan anggaran Rp6 394 miliar. Majelis hakim pada Pengadilan Tipikor Kelas IA Jayapura memutuskan ketiga terpidana secara sah dan meyakinkan melakukan tindak pidana korupsi secara bersama-sama dalam proyek tersebut.

Dalam kasus itu, Philipus Kehek bertindak sebagai pengguna anggaran dan Pejabat Pembuat Komitmen, Steven Mustari yang merupakan auditor di Inspektorat Mimika berperan sebagai Ketua Panitia Lelang dan Budiman pemilik PT Apela selaku kontraktor pelaksana pekerjaan. Hasil audit Badan Pengawas Keuangan dan Pembangunan (BPKP) perwakilan Papua menyebut negara dirugikan sekitar Rp1,2 miliar akibat tindak koruptif ketiga terpidana.

Perkara tersebut diputus pada 25 Juli lalu. Ketiga terpidana tak melakukan upaya banding hingga melewati batas waktu satu minggu, maka putusan tersebut dinyatakan inkrah.

"Ketiganya sekarang dipenjara di Lapas kelas IIA Abepura," kata Birawa. (Rfl).

2019 TabukaNews.com | Designed by Putra Timika Informatika