Main Area

pesparawi xiii
HUT Republik Indonesia Ke 75
HUT Republik Indonesia Ke 75
HUT Republik Indonesia Ke 75

Main

Manfaat tidak di Rasakan, itu Alasan Warga Menolak Otsus Jilid II

Timika, TabukaNews.com – Alasan warga melakukan aski penolakan terhadap Program Otsus jilid II itu karena pemanfaatan dana bantuan tersebut tidak tepat sasaran dan kurang dirasakan oleh masyarakat asli papua sehiongga dinilai program tersebut gagal menyentuh akar rumput mebuat mereka harus bersuara untuk menyampaikan keluh kesah mereka. 

Hal itu diungkapkan Aleks Tsenawatme, Wakil Ketua satu DPRD Mimika, bahwa kurang dirasakan pengunaan anggaran itu membuat menolak Dana Otonomi Khusus Otsus Papua Jilid II. Karena selama hampir dua  dekade program khusus pemerintah itu berjalan, dampak ekonominya tidak terlalu terasa di kalangan warga Orang Asli Papua.

“Penolakan warga terhadap Dana Otonomi Khusus Otsus Papua Jilid 2, merupakan bentuk suara kekecewaan masyarakat di akar rumput.” Ungkap Aleks saat ditemui, Selasa (23/9/20). 

Aleks Tsenawatme menambahkan ide gagasannya, tentang managerial dana Otsus. Menurutnya, Otsus tidak perlu lagi dikeluarkan melalui program pemerintah baik Provinsi maupun Kabupaten/Kota. Tapi dibagi langsung ke rekening warga agar manfaatnya langsung ke tangan rakyat.

Sementara terkait rencana demo warga terhadap penolakan itu, pihaknya terbuka untuk menampung aspirasi murni warga. Ia berharap aksi massa itu tidak disusupi untuk kepentingan politik oleh kelompok separatis.

Pimpinan DPRD Mimika asal Partai Nasdem ini menambahkan, Dana Otsus rentan diselewengkan dengan kedok program infrastruktur yang manfaatnya kurang dirasa warga asli Papua. Demikian pula Dana Otsus bagi program bantuan untuk pengusaha lokal Papua juga tidak terasa.

“malahan terlihat hanya menguntungkan orang lain. Oleh dasar-dasar itulah, warga tidak setujuh keberlangsungan Otsus Papua ini,” terangnya.

Mengatakan, Otsus yang akan berakhir di Desember 2021, boleh dilanjutkan, apabila manfaatnya langsung diterima warga tanpa melewati alur birokrasi pemerintah seperti sekarang ini. (tim)

2020 TabukaNews.com | Designed by Putra Timika Informatika