Main Area

bayar pajak daerah
pesparawi xiii kab mimika
PON XX Papua

Main

Mama – Mama Nawaripi Senang Jualan Mereka Habis Diborong

 

Timika,TabukaNews.com – Ditengah Pandemi Corona yang berdampak pada segi ekonomi, ternyaat membawah berkah tersendiri bagi mama mama papua yang berjualan di Kampung Nawaripi, pasalnya hasil jualan mereka diborong semua oleh oleh Dinas Koperasi UMKM Kabupaten Mimika melalui koperasi Akom binaan Diskop. 

Kepala Kampung Nawaripi Norbertus Ditubun mewakili masyarakat Kampung menyamaikan terima aksih kepada Dinas Koperasi yang telah mengambil dan membayar semua barang jualan mereka. 

"Kami ucapkan terima kasih kepada dinas koperasi, sudah membantu mama mama dalam membeli seluruh jualan mereka," kata Norbertus saat ditemui di kampung Nawaripi, Rabu (15/4).

Norman menjelaskan, jualan mama-mama Nawaripi ini bervariasi baik sayuran singkong dan daun singkong, daun dan ubi jalar (petatas) sayur kangkung, umbi-umbian berupa ubi kayu (singkong) keladi, pisang, hingga buah-buah berupa rambutan, durian.

"Disini ada sayuran, umbi, dan buah-buahan, memang banyak sampai ikan juga dijual disini" katanya.

Ia mengaku sempat terjadi mis komunikasi antara pihak kampung Nawaripi dan Distrik Wania terkait waktu pengambilan pengambilan barang jualan mama mama, kemudian informasi tersebut diteruskan kepada warga, dengan cara mendatangi ke masing-masing RT.

Informasi dari distrik sudah terlambat, karena mama-mama Nawaripi telah mencari dan mengumpulkan hasil kebun untuk dijual pada esok haru (hari ini-red), sehingga tetap mereka akan berjualan sambil menunggu pihak koperasi datang untuk mengambil jualan mereka.

Puluhan mama-mama papua yang menjual hasil kebun di Kampung Nawaripi, tidak diakomodir oleh pihak koperasi, hal tersebut diungkapkan Kepala kampung Nawaripi Norbertus Ditubun setelah adanya mis komunikasi antara Dinas Koperasi, pihak Distrik dan aparatur kampung.

"Informasi yang kami dapat itu terlambat," kata Norbertus 

Setelah berkoordinasi barulah jualan mama-mama Nawaripi dibeli dari koperasi Bina Karya. (tim)

2021 TabukaNews.com | Designed by Putra Timika Informatika