Main Area

Pelantikan dprd mimika

Main

Mahkamah Agung Keluarkan SK Ijin Sidang Tunggal

Sonny Alfian B. Laoemoery, SH /Foto : Tim

TIMIKA,Tabukanews.com - Sonny Alfian B. Laoemoery, SH selaku Ketua Pengadilan Negeri Timika, menyampaikan bahwa saat ini Mahkama Agung (MA) sudah mengeluarkan SK Ijin sidang tunggal. Hal ini dimaksudkan karena setiap PN diseluruh Indonesia termasuk Timika masih kekurangan hakim.

"Jadi standarnya sidang itu harus hakim majelis, tapi karena situasi seperti ini, maka ketua MA keluarkan SK ijin sidang tunggal sambil menunggu ada penambahan hakim baru ke Timika,"katanya saat ditemui sesuai melantik Wakil Ketua Pengadilan Negeri Kota Timika, Jumat (21/6) lalu di Kantor Pengadilan Negeri Kota Timika.

Untuk kekurangan hakim yang dialami PN di setiap daerah itu sejak tahun 2011, dimana terakhir dilakukan penerimaan calon hakim  baru, kemudian dibuka kembali ditahun 2018.

"Jadi kevakuman ini menyebabkan kekurangan hakim. Selain itu juga karena kita sistem pengkariran hakim, dimana hakim yang baru dilantik itu bertugas di PN tingkat dua. Sehingga hakim-hakim yang dilantik mungkin ditahun  2011-2012 itu mereka sudah bergeser ke Pengadilan yang tingkatnya lebih tinggi,"jelasnya.

Dengan kekurangan hakim, saat ini sedang diproses sekitar 1030 calon hakim untuk penerimaan tahun 2018.

"Jadi diharapkan ditahun 2020 sudah bisa dilantik menjadi hakim untuk bisa menutup kekurangan hakim-hakim didaerah,"ungkapnya.

Ditambahkannya, dalam menangani perkara ideal hakim itu harus berjumlah 6 orang termasuk Ketua dan Wakil Ketua, hal ini mengingat jumlah perkara yang disidangkan cukup tinggi. 

"Sebab jumlah perkara itu sekitar 500 sampai 1000 perkara. Jadi kita harapkan ada penambahan hakim, dan saat ini PN Timika sendiri sudah ada Ketua, Wakil Ketua dan satu orang hakim,"ungkapnya. (tim)

2019 TabukaNews.com | Designed by Putra Timika Informatika