Main Area

bayar pajak daerah
pesparawi xiii kab mimika
PON XX Papua

Main

Luarbiasa …! Judoka Papua Raih 4 Medali Emas Dalam Sehari

Timika, TabukaNews.comm -  Pencapain prestasi putra putri Papua yang diraih dalam ajang Pekan Olahraga Nasional (PON) XX Papua Tahun 2021 khususnya di Cabang Olahraga (Cabor) Judo merupakan prestasi yang gemilang dan itu Luarbiasa bagi Tanah Papua sendiri, mengingat pencapain itu diraih anak-anak asli Papua demi mengharumkan Tanah Papua di kanca Nasional itu diraih tak tanggung-tanggung 4 medali emas dalam sehari.

Dengan bangga pasang Judoka putra Yeni Agus Sujad Minto bersama Wairifer Bukwab pada nomor Nage No Kata dan Judoka putri Devita Alince Obinaru bersama Feronika Malanesya Rumbewas pada nomor Ju No Kata yang menyukuri kemenangan yang berhasil mereka raih.

Wairifer mewakili teman-temannya mengucapkan terima kasih yang mendalam kepada Ketua Umum Judo Papua dan Ketua harian Papua, dan juga masyarakat Papau yang sudah mendukung mereka selama ini sehingga mereka bisa ikut dalam ajang PON XX.

Selaku Manager Kontingen Papua, Kombes Pol. Ricko Taruna Mauruh, S.I.K menuturkan, pencapaian prestasi yang telah berhasil dicapai para atlet Judo Papua itu tidaklah lepas karena proses latihan yang intens bersama tim.

“Kita latihan di beberapa tempat seperti Cilotttiio dan Bali dengan program-program yang telah ditetapkan dengan Tim Pelatih yang luarbiasa bersama Sense Bambang dan Sense Yuni dan pelatih yang lain,” tutur Ricko Taruna saat konfrensi pers bersama media, Sabtu (02/10) di Venue Judo, Graha Eme Neme Yauware, Timika, Papua.

Kerja keras itu dilakukan para atlet dan tim Papua untuk menunjukkan bahwa, Papua punya kekuatan baru, punya talenta yang memang patut diperhitungkan dan itu akan terus dikembangkan pada tahun-tahun mendatang.

Pada PON XX ini, Tim Papua hanya menargetkan satu emas dari nomor Nage No Kata, tetapi berkat Tuhan dan dukungan semua pihak Papua bisa meraih 4 medali emas dan 1 perak dan 4 perunggu pada kali ini.

Pelatih juga mengatakan, apa yang telah diraih oleh para atlet hari ini adalah karena mereka percaya diri bisa bermain di rumah sendiri. Selain disiplin mendengarkan arahan pelatih dan dasar bela diri Polri yang mereka miliki.

Adanya pandemi sepertinya juga telah menjadi penghambat bagi proses latihan para atlet Papua, tetapi karena tim Papua punya motifasi yang besar sehingga mereka solid latihan dengan intens, bahkan dengan prokes yang telah ditetapkan.

Program latihan yang telah diterapkan tim Papua, salah satunya dengan memperbanyak nonton video dari negara-negara luar, kemudian berlatih di tempat sendiri.

Judoka Feronika juga mengatakan, selama masa pandemi ini, banyak rintangan yang mereka lalui selama melakukan latihan dan bahkan sempat mengikuti kejuaran ‘kata’ lewat Virtual dan meraih juara 3.

“Dengan pengalaman itu, kami terus latihan, berdoa dan percaya bahwa kami bisa. Motivasi kami bisa disini, Pertama Tuhan Yesus, kedua orang tua dan tanah Papua, juga dukungan dari instansi kami kepolisian” tuturnya. (Yunita Simon/Humas PPM)

 

2021 TabukaNews.com | Designed by Putra Timika Informatika