Main Area

pesparawi xiii

Main

LPMAK Tetap Konsisten Lakukan Pelayanan Prima ke Warga 7 Suku

Sekretaris Eksekutif LPMAK, Abraham Timang/ Foto : Tim

TIMIKA, TABUKANews.com - Sebagai lembaga pengelola dana kemitraan PT. Freeport Indonesia, Lembaga Pengembangan Masyarakat Amungme dan Kamoro (LPMAK) terus berupaya meningkatkan pelayanan kepada warga Mimika, khususnya bagi warga tujuh suku.

Sekretaris Eksekutif LPMAK, Abraham Timang saat ditemui wartawan di Hotel Horison, Selasa (21/1) mengatakan, bahwa meskipun kondisi PT. Freeport Indonesia belum kembali stabil yang tentunya mempengaruhi suntikan dana ke LPMAK, namun pihaknya tetap berupaya agar kondisi tersebut tidak berdampak kepada penerima bantuan.

“Dengan dana yang ada, kita tetap berupaya untuk meningkatkan pelayanan kepada masyarakat. Khususnya untuk tiga pilar utama kita, yakni pelayanan pendidikan, kesehatan serta pengembangan ekonomi karena inilah yang bersentuhan langsung dengan masyarakat,” tuturnya.

Dijelaskan, bahwa untuk pelayanan pendidikan, pihaknya tetap melakukan pembiayaan beasiswa kepada ratusan penerima beasiswa yang sedang melanjutkan pendidikan di beberapa kota studi di Indonesia.

“Sampai sekarang masih ada ratusan anak-anak sekolah maupun yang sudah kuliah yang kita berikan bantuan beasiswa. Lain lagi dengan pembiayaan sekolah Taruna Papua yang memakan biaya lumayan besar, namun kita tetap berupaya agar sektor pendidikan LPMAK tetap berjalan seperti biasa,” ungkapnya.

Sementara untuk pelayanan kesehatan, pihaknya masih mengandalkan Rumah Sakit Mitra Masyarakat (RSMM) yang dikelola oleh Yayasan Caritas Timika Papua (YCTP) dalam melaksanan pelayanan kesehatan, meskipun secara perlahan-lahan RSMM akan mandiri dalam melayani masyarakat.

“Selain RSMM, kita juga punya Klinik Terapung yang mana semua tenaga medis adalah pegawai kontrak dari LPMAK. Kami mau kesehatan masyarakat adalah hal yang utama dan diprioritaskan,” ujarnya.

Dan untuk pelayanan pengembangan Ekonomi, pihaknya telah membagi biro ekonomi menjadi tujuh bagian untuk melayani kebutuhan ekonomi warga tujuh suku yang ada. Pihaknya menginginkan putra-putra daerah bisa menjadi pelaku ekonomi yang berhasil dan bisa menjadi pesaing bisnis bagi warga pendatang.

“Menjadi peternah babi, peternak ayam petelur, jadi pengusaha ikan, pebisnis, maupun wira swasta adalah keinginan terbesar bagi kami kepada warga yang ada,” imbuhnya. (Tim)

2020 TabukaNews.com | Designed by Putra Timika Informatika