Main Area

Main

LPMAK Selektif Terima Peserta Beasiswa

Abraham Timang/ fOTO : iSTIMEWA

“Kami tidak mau ada sarjana yang kami biayai menjadi pengangguran”

TIMIKA, TABUKANews.com - Lembaga Pengembangan Masyarakat Amungme dan Kamoro (LPMAK) terus berupaya meningkatkan mutu pelayanan kepada dua suku asli serta lima suku kekerabatan lainnya. Salah satunya adalah pelayanan disektor pendidikan.

Sekretaris Eksekutif  LPMAK, Abraham Timang saat ditemui wartawan dibilangan Hasanuddin, Rabu (30/1) mengatakan, bahwa meskipun dana bantuan dari Freeport tidak sebesar dengan dana dibeberapa tahun belakangan ini, namun pihaknya tetap berupaya untuk tidak membuat program pelayanan ditiga pilar utama LPMAK menjadi goyah.

“Kita tetap fokus pada pelayanan kesehatan, pendidikan, serta pengembangan ekonomi. Untuk pendidikan, tahun ini kita tetap menerima peserta beasiswa, namun kita lebih selektif agar lulusannya tidak ada yang menjadi pengangguran,” tuturnya.

Dijelaskan, bahwa setelah melakukan evaluasi terhadap program beasiswa yang dilakukan LPMAK selama ini, mereka menemukan, bahwa tidak semua lulusan yang dibiayai oleh LPMAK terserap didunia kerja.

“Kami tidak mau ada sarjana yang kami biayai menjadi pengangguran. Karena selama ini kami melihat ada banyak sarjana yang terima beasiswa dari LPMAK menjadi pengangguran, sampai menjadi pembuat onar kalau mabuk-mabuk. Hal inilah yang kami ingin putuskan, makanya kami sekarang lebih selektif dalam menerima peserta beasiswa,” ungkapnya.

LPMAK kemudian menerapkan peraturan baru, bahwa tidak semua jurusan akan diakomodir dalam program beasiswa yang ditangani oleh Biro Pendidikan LPMAK. Ada standar khusus yang harus dipenuhi oleh calon penerima beasiswa.

“Artinya jurusan-jurusan yang selama ini tidak terpakai dilapangan, kami tidak terima lagi. Jurusan yang diminati dan diperlukan itulah yang kami prioritaskan untuk diterima,” katanya lagi.

Dijelaskan, bahwa jurusan yang diutamakan adalah jurusan kesehatan, pendidikan, pertambangan, penerbangan, seminari untuk Katolik dan STT untuk Kristen.

“Intinya kami mau melihat lulusan yang kami biayai diterima didunia kerja ketika mereka kembali ke Timika,” imbuhnya. (Tim)

2019 TabukaNews.com | Designed by Putra Timika Informatika