Main Area

pesparawi xiii

Main

LPMAK Edukasi Masyarakat Untuk Menjaga Pola Hidup Sehat

Sekretaris Eksekutif LPMAK, Abraham Timang/ Foto : tim


TIMIKA, TABUKANews.com  - Lembaga Pengembangan Masyarakat Amungme dan Kamoro (LPMAK) terus berupaya meningkatkan layanan kepada masyarakat. Baik berupa pelayanan pendidikan, kesehatan maupun pengembangan ekonomi warga.

Sekretaris Eksekutif LPMAK, Abraham Timang saat ditemui wartawan dikawasan Yos Sudarso, Kamis (21/2) mengatakan, bahwa ditahun ini LPMAK melalui Biro Kesehatan fokus untuk memberdayakan masyarakat akan pentingnya menjaga pola hidup sehata. Program-proram kerja yang dilakukan oleh Biro Kesehatan baik dikota, pesisir maupun pegunungan di Timika, bukan sekedar memberikan bantuan berupa barang, namun lebih mengarahkan masyarakat untuk dapat menyadari pentingnya kesehatan bagi keberlangsungan kehidupan mereka. Dengan diberikan motivasi dan bimbingan tentang pentingnya kesehatan, diharapkan masyarakat dapat termotivasi untuk hidup lebih sehat lagi.

“Jadi bentuk pelayanan kita kepada masyarakat, bukan hanya menyerahkan bantuan berupa peralatan kesehatan, namun kita juga memberikan edukasi kepada mereka untuk bisa menjaga pola hidup sehat, sehingga bisa terhindar dari jenis-jenis penyakit,” tuturnya.

Dijelaskan, bahwa pelayanan kesehatan yang dilakukan oleh LPMAK bekerjasama dengan pihak ketiga diberbagai wilayah pantai Mimika, dibantu dengan adanya fasilitas klinik terapung, dimana kapal tersebut bisa dipakai untuk menjangkau kampung-kampung yang selama ini belum mendapatkan pelayanan kesehatan secara maksimal dari pemerintah setempat.

“Klinik terapung yang kita miliki telah digunakan selama beberapa tahun belakangan ini, dan respon masyarakat sangat positif, karena mereka bisa dilayani oleh petugas kesehatan didalam kapal tersebut,” ungkapnya.

Ditambahkan pula, bahwa para petugas kesehatan dalam menjalankan tugas, mereka juga sembari memberikan pemahaman kepada masyarakat mengenai pentingnya menjaga kesehatan. Kesehatan dasar yang harus dijaga oleh masyarakat dimulai dari lingkungan yang bersih serta penggunaan air bersih dan sanitasi yang baik. Biro kesehatan langsung turun kelapangan untuk melakukan survey lokasi kampung untuk mengetahui apa saja yang bisa dilakukan dikampung tersebut.

“Kami sudah membangun beberapa sarana pendukung di kampung-kampung. Mulai dari penampungan air bersih, sumur, kamar mandi, serta jamban yang bisa digunakan oleh masyarakat. (Tim)

2020 TabukaNews.com | Designed by Putra Timika Informatika