Main Area

Main

LPMAK Buka Seleksi Penerimaan Beasiswa

Ketua Tim Transisi Operasional LPMAK Abraham Timang/Foto: Ricky Lodar/Tabukanews.com

Timika, Tabukanews.com - Ketua Tim Transisi Operasional LPMAK Abraham Timang mengatakan, proses seleksi penerimaan beasiswa bagi putra-putri Amungme dan Kamoro untuk mendapat beasiswa dari LPMAK telah berjalan, dan diikuti oleh kurang lebih 200-400 peserta.

Proses seleksi tersebut dilakukan oleh sekolah yang menjadi mitra dari LPMAK, dan dalam waktu dekat akan diumumkan peserta yang lulus seleksi.

"Berkaitan dengan proses penerimaan peserta program beasiswa untuk tahun 2019 itu dalam bulan ini sudah berjalan oleh biro pendidikan," kata Abraham ketika ditemui di hotel Horison Ultima Timika, Rabu (19/6).

Ia menjelaskan, proses penerimaan peserta beasiswa tersebut untuk beberapa jurusan di beberapa sekolah yang telah ada kerjasama antara pihak LPMAK dengan lembaga pendidikan, yang mana pihak LPMAK lebih cenderung memilih sekolah yang usai lulus bisa langsung bekerja.

"Jadi untuk beberapa jurusan yang menjadi fokus macam guru, kedokteran, penerbangan, pertambangan yang lebih kita fokuskan pada jurusan yang selesai langsung kerja," jelasnya.

Sementara itu, hingga saat ini dirinya belum mengetahui persis jumlah peserta yang mendaftar untuk mendapatkan beasiswa tersebut, namun untuk kuota penerimaan tahun ini kisaran 200 hingga 400 peserta, untuk smeua jenjang baik SMP, SMA, PT.

"Ini yang menjadi prioritas, sehingga dalam proses ini saya belum tahu persis jumlah yang sementara terdaftar sebagai calon," ungkapnya.

Ia juga menambahkan kalau proses seleksi tersebut tidak ada intervensi dari pihak LPMAK, artinya proses seleksi diserahkan sepenuhnya kepada mitra pendidikan berdasarkan kriteria dan aturan yang berlaku di sekolah tersebut sehingga semua memiliki peluang yang sama untuk terpilih.

"Ini yang sementara kita lakukan seleksi yang seleksi ini dilakukan oleh lembaga mitra pendidikan berdasarkan kriteria dan aturan main," tambahnya.

Dirinya berharap, dalam waktu dekat sudah ada hasil yang diumumkan oleh tim seleksi, jumlah peserta yang lulus seleksi, kota, sekolah dan jurusan mana saja.

Kami berharap bahwa akhir bulan ini atau awal bulan depan itu sudah hasil siapa yang lolos seleksi, nanti kita akan umumkan supaya semua bisa dikirim sesuai dengan kota tujuan dan juga jurusan yang siswa itu ambil.

"Kami berharap di akhir bulan ini atau awal bulan depan sudah ada hasil seleksi," harapnya. (Jrl).

2019 TabukaNews.com | Designed by Putra Timika Informatika