Main Area

pesparawi xiii

Main

LPMAK Bangun 45 Unit Rumah Untuk Warga Tidak Mampu

Sekretaris Eksekutif LPMAK, Abraham Timang/ Foto : dok


TIMIKA, TABUKANews.com - Sebagai bentuk kepedulian terhadap warga Timika, Lembaga Pengembangan Masyarakat Amungme dan Kamoro (LPMAK) membangun sebanyak 45 unit rumah yang diperuntukkan bagi warga yang kurang mampu. Adapun bangunan rumah tersebut dibagi didua lokasi yang berbeda yakni 40 unit dibangun di Irigasi dan 5 unit di Jalan Baru.

Sekretaris Eksekutif LPMAK, Abraham Timang saat ditemui wartawan di Hotel Horison, Senin (21/1) mengatakan, bahwa perumahan tersebut mulai dibangun sejak tahun 2018 lalu dan hingga kini masih dalam tahap finishing.

“Jikalau proses pembangunan sudah selesai, maka kita akan serahkan kepada warga yang berhak menerimanya. Perlu diketahui, bahwa yang berhak menerima adalah mereka yang sudah lolos tahap seleksi, dan tentunya adalah warga asli Mimika,” tuturnya.

Dijelaskan, bahwa bangunan rumah tersebut tinggal menunggu pemasangan instalasi listrik, pembangunan septic tank, serta saluran air, dan diperkirakan pertengahan tahun ini akan dilakukan serah terimah.

“Adapun yang menjadi persyaratan kami adalah mereka yang sudah berkeluarga dan tidak punya pekerjaan tetap, terutama bagi para ibu-ibu janda,” ungkapnya.

Untuk bisa mendapatkan para penerima bantuan rumah tersebut, ia memerintahkan pegawainya untuk melakukan seleksi bagi masyarakat yang memang benar-benar membutuhkan.

“Kami tidak mau ada warga yang ribut hanya karena tidak menerima bantuan rumah dari kami. Kami sudah terjunkan orang-orang kami untuk melakukan seleksi bagi warga yang nantinya akan kami serahkan rumah ini,” katanya lagi.

Ia juga menegaskan, bahwa bangunan rumah sebanyak 45 unit tersebut tidak ada hubungannya dengan pengungsi dari Tembagapura akibat penyanderaan oleh kelompok KKSB pada tahun 2017 lalu.

“Ini murni usulan kami untuk memberdayakan warga Amungme dan Kamoro yang berada di kota, namun belum mempunyai tempat tinggal yang layak,” imbuhnya. (Tim)

2020 TabukaNews.com | Designed by Putra Timika Informatika