Main Area

bayar pajak daerah
pesparawi xiii kab mimika
PON XX Papua

Main

Lontar Martil dan Lari 400 Meter Gawang Putra Pecahkan Rekor PON

Timika, TabukaNews.com - Sebanyak 7 rekor dipecahkan pada PON XX Papua tahun 2021, khususnya di Cabang Olahraga (Cabor) Atletik. 

Sebanyak 5 rekor PON dipecahkan selama 3 hari sejak pembukaan perlombaan cabang olahraga atletik, yaitu lempar lembing putra, nomor lari 110 meter gawang putra, nomor lari 100 meter putri, nomor lompat jauh putri. 

Kemudian, Minggu (10/10/2021) dua rekor PON terpecahkan lagi, dari nomor lontar martil dan 400 meter lompat gawang.

Di nomor lontar martil, rekor dipecahkan  oleh Rafika Putra (Sumatera Barat) dengan jarak lemparan 54.05 meter. Dimana sebelumnya dipecahkan oleh Ardiansyah Apandi (DKI Jakarta) pada PON XIX di Jawa Barat tahun 2016, dengan jarak lemparan 52.28 meter

Kemudian, pada nomor lari 400 meter gawang putra, yang diraih oleh Halomoan (Jawa Barat) dengan catatan waktu 51.33 detik. 

Waktu sebelumnya dipegang oleh  Adrian (NTB), dengan catatan waktu 51.83 detik pada PON XIX di Jawa Barat tahun 2016.

"Di nomor 400 meter gawang putra itu pecahkan rekor PON ada 3 orang yang melampaui nomor PON. Tapi sesuai ketentuan rekor itu tercatat oleh satu orang walaupun ketiganya melampaui rekor," kata Technical Delegate Atletik Umaryono di stadion atletik MSC, Minggu (10/10/2021).

Umaryono menjelaskan, atlet finis pertama yang memecahkan rekor, walaupun ketiganya melampaui pencapaian altet sebelumnya.

"Yang diambil atlet yang pertama yaitu Halomon Simanjuntak dari Jawa Barat dengan catatan waktu 51.33 disusul M Khairudin dari Sumatera Utara dengan catatan waktu 51.75 dan Adrian dari NTB dengan catatan waktu 51.77Raf untuk rekor PON sebelumnya itu 51.83," jelasnya.

Umaryono juga menyampaikan pelaksanaan perlombaan atletik hari ini berjalan dengan baik, walaupun panas namun udara masih bersahabat dengan untuk melaksanakan perlombaan. 

"Hari ini perlombaan cukup kondusif dari sisi cuaca walaupun panasnya tinggi. Tapi anginnya sepoi-sepoi nikmat, sehingga hari ini kita perlombakan 3 nomor final itu 2 nomor putra putri lari 400 meter gawang, dan lontar martil dan dua nomor penyisihan nomor lari 200 meter putra putri dapat berjalan dengan baik," ungkapnya. (Humas PPM/Riki Lodarmasse/Mujiono)

 

2021 TabukaNews.com | Designed by Putra Timika Informatika