Main Area

bayar pajak daerah
pesparawi xiii kab mimika
PON XX Papua

Main

Leo Kocu : Pemerintah Harus Siapkan Faskes sampai 4 Kali Lipat, Hadapi PON

 

Timika,TabukaNews.com - Pemerintah Daerah Kabupaten Mimika diminta untuk mempersiapkan dengan baik ketersediaan fasilitas kesehatan (faskes) di rumah sakit dan di Puskesmas dalam rangka menghadapi Pekan Olahraga Nasional PON 20 Papua yang dihelat di masa pandemi Covid-19 ini.

Kepada Tabukanews.com  Senin (23/08/2021)  Leonardus Kocu menigatakan agar pemerintah mempersiapkan perlengkapan kesehatan dengan ekstra, dari situasi biasanya. Hal ini  sebagai antisipasi kekurangan, semisal : tabung gas oksigen, mesin PCR, ruang tempat tidur rawat inap dan faskes lainnya.

“Kemarin kita kekurangan gas oksigen dan hal lainnya, ini harus kita persiapkan, jangan sampai terjadi saat PON nanti. Begitu juga dengan PCR dan tempat tidur di rumah sakit juga harus dipersiapkan lebih banyak. Jangan sampai berdiri bangsal, kesannya kita tidak siap,” katanya.

Karena menurutnya, di masa PON pada bulan Oktober depan, segala kebutuhan kesehatan dipastikan akan meningkat drastis, sehubungan dengan datangnya ribuan peserta atlit dan official kontingen dari seluruh daerah di nusantara Indonesia ke Mimika. Sehingga dipandang perlu pemerintah untuk menyiapkan 3 sampai 4 kali lipat segala kebutuhan pelayanan kesehatan, dari hari normal biasanya.

“Pemerintah melalui Dinas Kesehatan diminta untuk mengkalkulasi kebutuhan segala peralatan dan faskes. Dipersiapkan 2 hingga 4 kali lebih banyak, karena dipastikan kebutuhan layanan kesehatan meningkat sehubungan dengan penyelenggaraan PON di Mimika, yang dilanjutkan dengan Pesparawi 13 Tanah Papua yang juga Mimika sebagai tuan rumahnya,” ungkapnya.

Hal ini sebagai persiapan agar Kabupaten Mimika tidak ‘kehilangan muka’ atau malu karena layanan kesehatan yang minim. Berkaca dari segala kekurangan faskes yang sempat dialami di tahun berjalan 2021 ini. “Wibawa pemerintah daerah Mimika akan tercoreng bila kekurangan dan masih pinjam sana-sini. Apalagi disaksikan langsung oleh perwakilan dari seluruh daerah di Indonesia yang datang ke Mimika,” tegasnya.

Leonardus Kocu  menambahkan, pemerintah harus menghitung dengan baik segala kebutuhan di bidang kesehatan, bukan sekedar optimis dan berpercaya diri saja bahwa penyelenggaraan PON akan sukses di Mimika. Harus ada perhitungan logis yang terukur mengenai segala kebutuhan layanan kesehatan, yang menjadi faktor utama atau kebutuhan vital di masa pandemi Covid-19 ini.

Leo Kocu berharap, dengan semakin mendekatnya hari pelaksanaan PON, pemerintah dan para pemangku kepentingan semakin siap, dengan turut didukung oleh segenap masyarakat Kabupaten Mimika menyukseskan PON 20 Papua di Klaster Kabupaten Mimika.

“Dengan persiapan dan perhitungan serta eksekusi yang mantap, semua itu dapat menunjang suksesi PON 20 Papua di Klaster Kabupaten Mimika yang menyelenggarakan pertandingan 9 cabang olahraga,” tandasnya. (Manu)

2021 TabukaNews.com | Designed by Putra Timika Informatika