Main Area

pesparawi xiii
robby omaleng

Main

Lemasko Harap Aktivitas Tambang PT. Freeport Tetap Berjalan

 

Timika, Tabukanews.com - Menyikapi usulan Pemerintah Provinsi Papua dan Pemerintah Kabupaten Mimika yang berencana menutup sementara aktivitas tambang PT. Freeport Indonesia, sebagai langkah yang tepat untuk memutus mata rantai penyebaran Virus Corona yang tengah mewabah di kawasan Tembagapura, ditanggapi oleh pengurus Lembaga Musyawarah Adat Suku Kamoro (Lemasko).

Ketua Lemasko, Gergorius Okoare didampingi beberapa pengurus Lemasko saat ditemui wartawan di Jalan Cenderawasih, Kamis (14/5) mengatakan, bahwa alangkah lebih baik apabila operasi tambang tetap berjalan seperti biasa, namun para karyawan wajib memenuhi standar yang telah ditentukan oleh pemerintah dalam mencegah penularan Covid 19, seperti menjalani rapid tes, dan apabila positif langsung dikarantina, karena menutup aktivitas tambang bukan solusi yang tepat.

“Kalau mau tutup untuk sementara, apakah pemerintah punya solusi terhadapa ribuan karyawan yang akan berhenti bekerja. Mekanismenya seperti apa,” tuturnya.

Dijelaskan pula, bahwa apakah pemerintah sudah memikirkan langkah konkrit yang akan ditempuh apabila operasi tambang dihentikan walau hanya untuk sementara, karena dilain sisi operasi tambang Freeport sangat menentukan roda perekonomian negara.

“Ini akan menjadi masalah baru, karena ribuan karyawan akan berhenti bekerja. Mereka mau kemana. Apakah tetap tinggal diatas atau turun ke Timika? Apakah sudah ada anggaran yang disediakan bagi mereka karena tidak bekerja,” ujarnya.

Menurutnya, pemerintah harus jeli dalam mengambil keputusan, karena perekonomian negara sedang goyah ditengah wabah Corona. 

“Bagaiamana jadinya apabila aktivitas tambang ditutup. Kira-kira berapa kerugian negara. Apabila belum disiapkan, bisa jadi kebijakan ini akan berdampak kepada para tenaga kerja yang ada,” imbuhnya.

Sebelumnya, Bupati Mimika Eltinus Omaleng mengatakan, bahwa pihaknya sudah berkoordinasi dengan pemerintah pusat untuk menghentikan sementara aktivitas tambang PT. Freeport di Tembagapura, mengingat pasien positif dilingkup PT. Freeport terus meningkat setiap harinya. (**)

2021 TabukaNews.com | Designed by Putra Timika Informatika