Main Area

Main

Lemasko Gelar Lokakarya Pembekalan BM DPA Dan Karyawan

Foto bersama peserta Lokakarya Lemasko/Foto: Ricky Lodar

Timika, Tabukanews.com - Guna memantapkan kinerja lembaga adat di Kabupaten Mimika, Lembaga Musyawarah Adat Suku Kamoro (Lemasko) menggelar kegiatan Lokakarya serta pembekalan terhadap Badan Musyawarah (BM), Dewan Pimpinan Adat (DPA) serta staf dan karyawan Lemasko periode 2019-2024 di hotel Horison Ultima, Senin (27/5) hingga Selasa (28/5). Kegiatan yang dilaksanakan selama dua hari tersebut juga dilakukan pelantikan DPA Lemasko periode 2019-2024.

Dalam lokakarya dan pembekalan peserta mendapatkan beberapa materi dari beberapa nara sumber yaitu penyadaran keimanan selaku nara sumber Pastor Amandus Rahadad dari Keuskupan Timika. Kemudian materi tentang peran lembaga adat dalam mendukung kamtibmas di Kabupaten Mimika, selaku nara sumber Kapolres Mimika yang diwakili oleh Kasubag Sumda Kompol Arifin dari Polres Mimika.

Selanjutnya materi tentang peran lembaga adat dalam mendukung pembangunan di Kabupaten Mimika sesuai jadwal selaku pemateri Kepala Kesbangpol Petrus Lewakoten dari Pemkab Mimika. Kemudian yang terakhir materi terkait tugas pokok Lemasko dan sesuai jadwal selaku pemateri Ketua Lemasko Robertus Waropea. Sesuai jadwal kedua materi tersebut akan disampaikan hari ini selasa (28/5).

Sementara itu Ketua Lemasko Robertus Waropea saat ditemui di sela-sela kegiatan menjelaskan bahwa kegiatan tersebut bertujuan untuk memberikan semangat tentang keimanan sehingga benar-benar bekerja untuk melayani masyarakat. Kemudian untuk mendapatkan materi materi yang disampaikan oleh pemerintah Kabyupaten Mimika serta pihak keamanan yang dimana dua unsur dimana bagaimana peran lembaga adat dalam membangun daerah serta ikut menjaga kamtibmas.

Lanjunya menurutnya adanya materi khusus yang harus disampaikan kepada peserta yaitu menyangkut bagaimana tentang tupoksi dari masing-masing bagian anatara lain BM, DPA serta karyawan. Selain itu juga agar mengetahui sistem SOP dari lembaga agar tidak bertabrakan dalam menjalankan tugas dan tanggung jawab.

“Kegiatan ini lebih pada yang pertama yaitu orientasi atau pengenalan kerja kepada BM, DPA serta kepada karyawan. Kemudian untuk bagaimana untuk membangun kerjasama antar sesama, disisi lain kita juga bersosialisasi saling mengenal antar satu dengan yang lain dalam kepengurusan sebagai  pengurus Lemasko. Sehingga dari sisi emosional kita bisa saling bersatumembangun kebersamaan untuk pelayanan masyarakat,” jelasnya.

Selaku Ketua Lemasko dengan di lakukannya kegiatan tersebut Robert berharap agar dalam penguatan iman yang didapat tersebut semua pengurus bisa bersatu. Sehingga nantinya tidak lagi membawa kepentingan pribadi dan lebih mambawa kepada kepentimngan umum untuk memberikan pelayanan kepada masyarakat.

“harapannya dari lembaga bagaimana untuk menjalin kerjasama diantara pengurus dan mengerti serta memahami tentang tupoksi kita dan juga program yang diberikan kepada masyarakat kita dapat laksanakan dengan baik,” harapnya. (Jrl)

2019 TabukaNews.com | Designed by Putra Timika Informatika