Main Area

Main

Lemasko Apresiasi Penertiban Pedagang Di Eks Pasar Swadaya


Tokoh masyarakat Kamoro Marianus Maknaipeku/Foto: Ricky Lodar

Timika, Tabukanews.com - Tokoh masyarakat Kamoro Marianus Maknaipeku menyampaikan apresiasinya kepada pihak Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Mimika yang telah melakukan penertiban pedagang di sepanjang jalan Bhayangkara dan eks pasar swadaya yang tidak tertata dengan baik dan sembrawut.

"Kami dari Lembaga beri apresiasi kepada pemerintah yang telah menertibkan para pedagang di pasar lama," kata Marianus melalui sambungan telpon, Jumat (12/4).

Menurutnya, selama beberapa tahun terakhir sejak pusat perdagangan dipindahkan ke pasar sentral, jalan Bhayangkara susah tidak tertata dengan baik. Banyak pedagang yang seenaknya membangun lapak hingga ke bahu, ditambah dengan aktifitas nama-nama Papua yang menginginkan berjualan tepat di pinggir jalan hingga mengakibatkan kemacetan.

Disampingnya kemacetan, untuk sisi keselamatan juga sangat berbahaya, karena banyak pedagang yang sudah menjual hingga ke badan jalan. Sehingga langkah yang dilakukan pemerintah dinilai sangat baik.

"Selama ini area Koperapoka sering dikatakan daerah kumuh, sehingga langkah itu sangat baik," terangnya.

Ia berharap, tidak hanya penertiban pedagang di jalan Bhayangkara saja, tapi juga dilakukan penertiban di sejumlah jalan yang sering terjadi kemacetan, dan juga pembangunan lapak yang tidak sesuai hingga merusak keindahan kota agar semua pedagang di tempatkan disatukan tempat yakni di pasar sentral.

"Kami harap setelah penertiban pedagang di pasar lama dan relokasi pedagang ke pasar baru, juga harus dilakukan penertiban di ruas jalan lain lagi," harapnya. (Jrl).

2019 TabukaNews.com | Designed by Putra Timika Informatika