Main Area

Main

Lemasa Tolak Keputusan KPU Mimika

Ketua Lemasa Karolus Sunme / Tim Tabukanews.com

 

Timika, Tabukanews.com - Ketua Lembaga Masyarakat Amungme (Lemasa) Karolus Sunme mengatakan, hasil keputusan penetapan kursi dan calon terpilih Anggota DPRD Mimika periode 2019-2024 yang dilaksanakan oleh KPU Kabupaten Mimika telah sesuai dengan aturan, namun perlu dilihat hak politik apabila dihadapkan dengan UU Otsus.

Menurutnya, KPU Mimika sebelum menetapkan kursi anggota DPRD Mimika perlu melihat situasi kondisi Kabupaten Mimika yang mana harus ada keterwakilan dari masyarakat asli yang mengetahui betul kondisi di Mimika.

“Apa yang diputuskan oleh KPU merupakan suatu keputusan yang sesuai aturan,” namun kita harus pintar membaca situasi kondisi daerah,” kata Karolus ketika ditemui di kantor Lemasa jalan Cendrawasih, Selasa (6/8/2019)

Menurutnya, KPU Mimika harus melihat juga dari sisi UU Otsus nomor 21 tahun 2001 Bab VII pasal 28 ayat (3) rekrutmen politik oleh partai politik di Provinsi Papua dilakukan dengan memprioritaskan masyarakat asli papua. Yang mana point tersebut telah menjelaskan adanya kekhususan bagi orang asli papua tidak hanya didalam bidang pendidikan, kesehatan dan ekonomi saja tapi mengatur juga tentang hak berpolitik.

“Yang sangat mendukung adalah kita sekarang ada di Papua dah dihadapkan dengan Otsus, dan didalam Otsus pasal 28 ayat 3 itu telah diatur dengan rekrutmen hak politik orang Papua baik DPR RI DPRD Provinsi dan Kabupaten apakah hanya sebuah UU saja atau kita harus mengimplementasikan dalam praktek-praktek,” terang Karolus.

UU Otsus pasal 28 ayat 3 telah menjelaskan hal tersebut, sehingga KPU Mimika harus melihat ayat tersebut, jangan hanya UU namun tidak diimplementasikan dalam berpolitik.

“Ini yang harus dilihat oleh teman-teman KPU. Artinya KPU bisa melaksanakan penetapan itu tapi tidak bertentangan dengan UU Otsus,” katanya. (Tim).

2019 TabukaNews.com | Designed by Putra Timika Informatika