Main Area

Main

Lemasa Siap Bantu Pemda Mimika Selesaikan Tapal Batas Wilayah

Ketua Lemasa Karolus Sunme / Tim Tabukanews.com

 

Timika, Tabukanews.com - Ketua Lembaga Masyarakat Amungme (Lemasa) Karolus Sunme mengatakan, pihaknya siap membantu Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Mimika dalam menyelesaikan persoalan tapal batas wilayah antar yang telah di ambil oleh beberapa kabupaten tetangga.

“Memang ada beberapa kabupaten yang mencaplok wilayah hukum kita,” kata Karolus ketika ditemui di kantor Lemasa di jalan Cendrawasih, Senin (5/8).

Ia menjelaskan, beberapa contoh kabupaten yang telah mengambil sebagian wilayah Kabupaten Mimika seperti Kabupaten Kaimana yang telah telah mengambil wilayah Potowayburu, Kabupaten Diyai yang telah mengambil wilayah Kapiraya, Kabupaten Asmat yang telah mengambil wilayah Manasari, Kabupaten Nduga telah mencaplok wilayah di wilayah Jita hingga perbatasan Agimuga. 

“Seperti Kabupaten Kaimana dia mencaplok Potowayburu, Deiyai dan Dogiay caplok Kapiraya, Kabupaten Puncak Jaya itu dia kasih masuk kepala distrik sampai di Tsinga dan Hoya, Nduga itu caplok Jita sampai perbatasan Agimuga, kemudian Asmat itu dia ambil sampai ke Manasari,” jelasnya.

Ia mengungkapkan dengan wilayah yang luasnya mencapai 20 ribu Km persegi tersebut, nantinya akan berkurang apabila diambil oleh kabupaten lain. Oleh sebab itu selaku pimpinan lembaga akan memperjuangkan hak-hak masyarakat dan siap membantu pemerintah dalam menyelesaikan permasalahan tapal batas wilayah.

“Jadi langkah-langkah yang akan kita ambil, Lemasa dan Lemasko sebagai lembaga siap bertemu dan membantu pemerintah untuk menyikapi masalah ini,” ungkapnya.

Tidak hanya Pemkab Mimika, pihaknya akan menyurati MRP, DPR Provinsi dan Pemprov Papua agar bisa duduk bersama dan menyelesaikan masalah tapal batas sebelum terjadi konflik untuk mempertahankan wilayah masing-masing.

“Kita juga akan menyurat kepada Pemprov dan juga MRP untuk bahas masalah ini,” katanya. (Tim).

2019 TabukaNews.com | Designed by Putra Timika Informatika