Main Area

Main

Lemahnya Pertahanan, Penyebab Kekalahan Persipura atas Persikabo 1-2

Boaz Salossa dimasukkan di Babak Kedua tak mampu mengangkat timnya untuk meraih poin/ Foto : Istimewa

Jakarta, Tabukanews.co - Pelatih Persipura Jayapura, Luciano Leandro mengaku sedih dan kecewa karena tak mampu membawa pulang poin. Strategi yang disiapkannya tidak berjalan lancar karena tuan rumah bermain lebih agresif.

 

"Pemain sudah bekerja keras secara maksimal, mereka sudah mencoba dan berusaha untuk mendapatkan hasil bagus. Kami mencatatkan beberapa peluang yang tidak masuk, satu bola kena tiang tidak bisa cetak gol. Kami melihat dari pemain kami sudah berusaha keras untuk mendapat hasil yang bagus, tapi itulah sepakbola. Kami melihat peluang keluar dari sini dengan tiga poin tapi kami di babak kedua ada dua gol dari mereka," kata Luciano dalam konferensi pers

Persipura Jayapura menelan kekalahan dari Tira Persikabo dalam pertandingan Liga 1 2019. Pelatih Mutiara Hitam, Luciano Leandro, menyoroti lini pertahanan. 

Pada pertandingan yang digelar di Stadion Pakansari, Cibinong, Bogor, Minggu (23/6/2019) malam Persipura kalah 1-2. Mutiara Hitam tak mampu mempertahankan keunggulan setelah mencetak satu gol lewat Titus Bonai.

Tira Persikabo sukses membalikkan keadaan dengan mencetak dua gol. Gol-gol itu dicetak oleh Wawan Febrianto dan Ciro Henrique Alves.

Luciano mengaku sedih dan kecewa karena tak mampu membawa pulang poin. Strategi yang disiapkannya tidak berjalan lancar karena tuan rumah bermain lebih agresif.

Kekalahan tersebut menambah panjang catatan Persipura belum pernah menang dalam empat laga yang sudah dilewati. Ricardo Salampessy dkk imbang dan kalah masing-masing dua kali.

Luciano pun menyoroti lemahnya lini pertahanan timnya karena kerap gagal mempertahankan keunggulan. Kekurangan tersebut menjadi bahan evaluasi utama Persipura sebelum menghadapi laga selanjutnya.

"Semua pemain untuk mereka harus harus lebih tenang saat sudah unggul di pertandingan, bagaimana kami lebih siap, saya lihat juga itu adalah sesuatu yang kami bisa dapat di pertandingan bola yang seharusnya masuk tapi tidak. Kami harus lebih konsentrasi lagi untuk ke depannya," katanya. 

Pelatih asal Brasil itu juga menambahkan alasannya tidak memasukkan Boaz sejak menit awal. Menurutnya itu menjadi bagian strateginya, namun tak berjalan sukses.

Tren negatif Persipura Jayapura belum terhenti awal musim ini. Menghadapi Tira Persikabo, Mutiara Hitam yang unggul duluan akhirnya kalah 1-2.

Setelah unggul, Persipura justru mengendurkan tekanan dan ini membuat Tira Persikabo mampu menggempur balik. Hingga babak pertama berakhir, Persipura tetap memimpin 1-0.

Masuk di babak kedua, Persipura coba menambah gol lagi tapi gelombang serangan mereka mampu diputus barisan pertahanan Tira Persikabo. Tuan rumah yang menguasai bola di babak kedua akhirnya menyamakan skor pada menit ke-60.

Umpan silang Abduh Lestaluhu disambut sepakan keras Wawan Febrianto di depan gawang dan tak kuasa dihalau penjaga gawang Mario Londok. Skor imbang 1-1 ini membuat pertandingan berjalan lebih menarik.

Kedua tim saling bertukar serangan sebelum akhirnya Tira Persikabo berbalik unggul 2-1 pada menit ke-69. Diawali serangan balik cepat yang digawangi Manahati Lestusen, bola dioper ke sisi kanan yang ditempati Loris Arnaud yang memberikan crossing dan dituntaskan sepakan first time Ciro Alves.

Persipura berupaya mengejar ketertinggalan tapi usaha mereka sia-sia. Bahkan Boaz Solossa yang dimasukkan menggantikan Ruben Wanma juga tak banyak membantu.

Skor 2-1 untuk kemenangan Tira Persikabo bertahan dan mereka menempati posisi ketiga klasemen Liga 1 2019 dengan delapan poin serta belum terkalahkan di empat laga. Persipura yang baru punya dua poin terdampar di posisi ke-15. (Ist*)

2019 TabukaNews.com | Designed by Putra Timika Informatika