Main Area

pesparawi xiii
dprd kabupaten mimika

Main

Legislator Minta Pemilik Hak Ulayat Harus Bersatu

TIMIKA, TABUKANews.com - Legislator DPRD Kabupaten Mimika, Provinsi Papua, Aser Gobai meminta pemilik hak ulayat di sekitar Freeport untuk bersatu.

 

"Tidak boleh ada lagi pembentukan kelompok-kelompok baru atas nama pemilik hak ulayat untuk menuntut kompensasi terhadap Freeport atas wilayah adat yang digunakan sebagai daerah konsesi selama 50-an tahun,"hal ini disampaikan Aser Gibai kepada wartawan di Kantor DPRD Mimika,Jumat (10/9).

 

Aser  yang juga sebagai anggota Komisi C DPRD Kabupaten Mimika ini juga menilai lebih baik kelompok-kelompok masyarakat pemilik hak ulayat dari dua suku besar yaitu Amungme dan Kamoro menyatukan persepsi untuk menuntut hak mereka. 

 

"Artinya tidak ada kelompok yang kemudian dimanfaatkan oleh Freeport untuk menggagalkan tuntutan masyarakat adat tentang hak ulayat mereka," ujarnya. 

 

Ia meminta Lemasa, Lemasko, Wartsing, Yuamako dan LPMAK tidak boleh mengedepankan kepentingan kelompok namun menyatukan persepsi untuk kepentingan masyarakat.

 

Aser berharap agar Pemerintah pusat dan daerah dapat memperhatikan apa yang menjadi aspirasi masyarakat sehingga apa yang menjadi hak masyarakat dapat diberikan secara adil. 

 

"Tolong Pemerintahan perhatikan apa yang menjadi harapan dan cita-cita masyarakat pemilik hak ulayat ini. Freeport telah mengeruk habis gunung mereka dan lihat apa yang mereka dapat, tidak ada," ujarnya.(tim)

2020 TabukaNews.com | Designed by Putra Timika Informatika