Main Area

pesparawi xiii
ulang tahun ke 36

Main

Launching Penandatanganan SKA Ekspor Konsentrat Freeport


Kepala Disperindag Mimika, Bernadinus Songbes bersama staffnya foto bersama dengan perwakilan manajemen PT FI dalam penandatangan perdana SKA Eksport Konsentrat / foto : dok tabukanews.com

Timika,Tabukanews.com - Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Kabupaten Mimika untuk pertama kalinya menandatangani Surat Keterangan Asal (SKA) ekspor konsentrat PT. Freeport Indonesia.

Penandatanganan perdana SKA oleh Disperindag Mimika tersebut digelar kantor Disperindag Mimika di Timika, Rabu dan dihadiri oleh perwakilan Freeport, General Superintendent Govrel, Harry Joharsyah.

Kepala Disperindag Mimika, Bernadinus Songbes mengatakan kewenangan penandatanganan SKA sebelumnya menjadi kewenangan Disperindag Provinsi Papua. Namun kini menjadi kewenangan pemkab Mimika.

"Apa yang dicita-citakan terjawab hari ini. Sejak 2002, dari pemimpin ke pemimpin diperjuangan namun baru pada 2017 diajukan dan kemudian disetujui oleh pemerintah pusat," ujar Bernadinus.

Ia juga mengatakan bahwa pihaknya akan menjalin kerja sama yang baik dengan berbagai pihak termasuk Freeport sehingga kepercayaan terkait SKA dapat dilaksanakan dengan sebaik-baiknya.

"Sekarang kabupaten yang tanda tangan sehingga sebagai tuan rumah kita bisa tahu berapa banyak konsentrat yang keluar maupun apa saja jenisnya sebab selama ini menjadi pertanyaan besar masyarakat Mimika," kata Bernadinus.

Selain itu terkait Freeport, Bernadinus juga mengatakan bahwa Disperindag Mimika juga telah memiliki kewenangan untuk melakukan tera dan tera ulang terkait bidang metrologi di wilayah Papua dan Papua Barat yang sebelumnya dilakukan oleh Disperindag Makassar.

Untuk itu terbuka kemungkinan alat tera di area Freeport dapat ditera dan tera ulang oleh Disperindag Mimika.

Sementara itu perwakilan manajemen Freeport, Harry mengapresiasi upaya Disperindag Mimika tersebut dan sekaligus bersyukur sebab tidak lagi repot-repot ke Jayapura jika ingin mengurus SKA.(tim)

2020 TabukaNews.com | Designed by Putra Timika Informatika