Main Area

pesparawi xiii
ulang tahun ke 36

Main

Launching Maskot "Drawa dan Kangpho"

 

TIMIKA, Tabukanews.com. Ketua Umum KONI Kabupaten Mimika yang juga Bupati Mimika, Eltinus Omaleng SE, MH pada Jumat (13/12) didampingi Wakil Bupati Johannes Rettob S.Sos, MM dan Sekretaris Umum KONI Cesar Avianto Tunya, SH, MH, M.Si melaunching maskot "Drawa dan Kangpho" atau burung cenderawasih dan kanguru selaku maskot resmi pelaksanaan Pekan Olahraga Nasional (PON) ke-XX di Papua.

Dalam pelaksanaan PON mendatang, Bupati Eltinus ditampuk sebagai Ketua Pelaksana PON Sub Mimika dan  Wakil Bupati Johannes Rettob dipercayakan sebagai wakil ketua.

Dihadapan ratusan komponen pengurus PB PON, KONI, Cabor, KNPI, pejabat dan PNS lingkup Pemda Mimika, Bupati Eltinus menegaskan kembali komitmen Papua menjadi juara umum pelaksanaan PON kali ini. " Kita harus juara umum, Papua harus juara umum," ungkap Bupati Eltinus di halaman Kantor Sentral Pemerintahan.

Maskot Pekan Olahraga Nasional (PON) XX tahun 2020 yang akan diselenggarakan di Papua telah dilaunching di Jakarta. Maskot yang merupakan ciri khas Papua tersebut diberi nama Drawa dan Kangpo.

Drawa adalah burung yang merupakan kebanggan Papua yakni Cenderawasih sementara Kangpo diambil dari hewan kangguru pohon.

Kedua maskot tersebut didatangkan langsung dari Jakarta dan dipublikasikan di Mimika tepatnya di halaman pusat pemerintahan SP3 Jumat (13/12) kepada seluruh masyarakat yang hadir.

Dalam kesempatan tersebut, Sekretaris KONI Mimika Caesar A. Tunya mengatakan pelaksanaan PON XX akan diselenggarakan pada 20 Oktober 2020 dimana Kabupaten Mimika yang ditunjuk sebagai salah tuan rumah mendapatkan sembilan cabang olahraga (cabor) dan 12 nomor disiplin.

"Pertama cabor Aero Sport atau Aero Modeling yang akan dilombakan di Mile 23. Kedua, cabor terjun payung lokasi di puspem SP3. Ketiga, terbang layang di Lanud. Keempat, atletik dan Basket di Mimika Sport Centre (MSC). Kemudian, Futsal di Gor bersamaan dengan pelaksanaan cabor bola tangan. Biliar di venue biliar, panjat tebing dilombakan di gor panjat tebing. Sementara, judo dan tarung derajat dipertandingkan di gedung Eme Neme Yauware," ujarnya.

Selain cabor, diperkenalkan juga Panitia Besar (PB) PON SUB Mimika dimana selaku Ketua Umum adalah Bupati Mimika Eltinus Omaleng dan Wakil Ketua Umum adalah wakil bupati Mimika Johannes Rettob.

Ketua harian Penjabat Sekda Mimika Marthen Paiding, Wakil Ketua Harian Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga Moh. Thoha, Bendahara umum adalah kepala BKAD dan Sekretaris Umum Caesar A. Tunya.

Selain itu, Wakil Ketua Harian (Demianus Katiop), Wakil Ketua Harian dua (Sihol Parlingotan, Wakil Ketua Harian tiga (Nicolaus Kauhaty) dan Wakil Ketua empat adalah kepala bapeda.

Selain itu juga terdapat bidang-bidang seperti bidang satu koordinator pertandingan oleh (Moh Thoha), koordinator arena (Romanus Omaleng), koordinator bidang kerakyatan (sekretaris dispora), koordinator upacara (Hendrik Hayon), bidang pemasaran (Ida Wahyuni), koordinator TI (Kadiskominfo), Koordinator SDM (Agus Hugo Kreey), koordinator akomodasi (Lopi Fuakubun) dan konsumsi (Ketua Umum TP-PKK Mimika).

Koordinator kesehatan (Kadinkes Alfred Douw), Keamanan (Kapolres Mimika Era G) Transportasi (Yan S. Purba), koordinator bidang sarana pendukung, arena dan infrastruktur (Robert Mayaut), Koordinator Optimalisasi Dampak Lingkungan (Limi Makodompit), Koordinator Sosial Ekonomi (kepala Bapenda) dan terakhir Koordinator Sosial Budaya (Paulus Dumais).

Sementara itu, Bupati Eltinus Omaleng didampingi Wabup John meminta kepada seluruh panitia dan seluruh pihak yang terlibat harus benar-benar berperan aktif dan menjaga kebersihan karena kebersihan adalah hal yang utama dan penting.

"Pesan Gubernur Papua Lukas Enembe Papua harus juara satu. PB PON SUB Mimika di tiap bidang harus persiapkan atlet Mimika dengan baik. Mimika baru siap 85 persen karena gedung bilyar baru 85 persen dan panjat tebing baru dilelang. Tiga bulan kedepan harus sudah selesai 100 persen," tandasnya.

Dikatakan beberapa waktu lalu telah dilaksanakan Memorandum of Understanding (MoU) antara Gubernur Papua, Kapolda Papua.(Tim)

2020 TabukaNews.com | Designed by Putra Timika Informatika