Main Area

Main

Lapas Timika Usulkan 100 Warga Binaan Untuk Terima Remisi

Kepala Kesatuan Pengamanan Lembaga Pemasyarakatan (KPLP) Kelas IIb Timika Munir Kossah/Foto: Tim/Tabukanews.com

Timika, Tabukanews.com - Kepala Kesatuan Pengamanan Lembaga Pemasyarakatan (KPLP) Kelas IIb Timika Munir Kossah mengatakan, sebanyak 100 lebih warga binaan Lapas Timika yang diusulkan untuk menerima Remisi pada saat peringatan HUT RI ke-74.

Hanya saja sejauh ini pihaknya belum bisa memastikan berapa banyak warga binaan Lapas Timika yang mendapatkan remisi, nantinya akan diumumkan pada tanggal 16 Agustus atau satu hari menjelang pemberian remisi.

Namun, pemberian remisi tersebut, saat ini sudah secara online, sehingga siapa saja bisa melihat berapa banyak warga bina yang mendapatkan remisi.

"Yang kemarin diusulkan itu 100 lebih, dan paling lambat itu tanggal 15 atau tanggal 16 baru kita bisa tahu berapa yang bisa dapat remisi," kata Munir kepada Tabukanews.com saat ditemui di halaman Eme Neme Yaware, Senin (12/8).

Sementara itu Munir juga mengungkapkan syarat pemberian remisi kepada warga binaan di Lapas Timika, apabila telah menjalani masa hukuman diatas 6 bulan, juga dilihat dari kepribadian baik selama menjalani masa hukuman. Beberapa hal tersebut yang menjadi dasar pengusulan kepada Kanwil untuk pemberian remisi.

"Persyaratan untuk mendapat remisi itu berkelakuan baik, sudah menjalani hukuman diatas 6 bulan itu berhak untuk mendapat remisi," ungkapnya.

Ia juga menambahkan, pengusulan dan pemberian remisi hanya diberikan bagi warga binaan diluar kasus narkoba dan kasus korupsi. Sebab, belum ada UU yang mengatur tentang pemberian remisi bagi warga binaan tersandung korupsi dan narkoba.

"Pemberian remisi untuk semua kasus tapi untuk kasus korupsi dan narkoba tidak," tambahnya. (Tim).

2019 TabukaNews.com | Designed by Putra Timika Informatika