Kunker ke Pesisir, Komisi C Jumpai Masalah Pendidikan

 Kunker ke Pesisir, Komisi C Jumpai Masalah Pendidikan

Timika, Tabukanews.com - Komisi C DPRD Kabupaten Mimika melakukan Kunjungan Kerja (Kunker) ke wilayah pesisir Mimika, tepatnya ke Kampung Atuka Distrik Mimika Tengah dan ke Pulau Karaka Amamapare Distrik Mimika Timur Jauh.

Kepada Tabukanews.com, Selasa (26/04/2022), Anggota Komisi C yang juga Sekretaris Fraksi PDI Perjuangan, Julian Solossa, mengungkapkan, di SD Negeri Atuka yang sudah dibuka sejak 3 tahun lalu, hingga saat ini belum mempunyai gedung sekolah. Akibatnya sebanyak 80 siswa SD itu terpaksa harus belajar di ruangan asrama SMP Negeri Atuka. Hal ini berimbas pada dipulangkannya anak-anak penghuni asrama itu, penggunaan ruangan tidak sesuai fungsi peruntukkannya.

Dalam kegiatan pengawasan itu, didapati juga di Atuka masih membutuhkan sentuhan pembangunan berupa pembenahan infrastruktur jembatan menuju Puskesmas yang masih rusak akibat diterpa badai banjir Rob beberapa waktu lalu. Sementara jembatan lainnya sudah dikerjakan secara swadaya oleh keluarga para perintis daerah Mimika.

Solossa mengapresiasi antuasias warga Atuka menyambut rombongan para Wakil Rakyat.

Dari sesi dialog dengan warga, didapati warga merindukan pemerintah mengeksekusi program bantuan sosial membantu nasib mereka. Masalah ketersediaan BBM juga menjadi keluhan warga. BBM menjadi kebutuhan vital bagi operasional mesin perahu warga untuk menelayan menafkahi hidup keluarga. Warga berharap Komisi C dapat memperjuangkan kebutuhan mereka agar dapat diakomodir pemerintah.

Beralih ke Pulau Karaka – Amamapare, Distrik Mimika Timur Jauh. Di sana didapati permasalahan sekolah SD Negeri, yang sudah dibangun tahun 2015 namun hingga kini sarana prasarana pendidikannya jauh dari kata layak alias memperihatinkan. Tidak tersedia database murid sehingga membingungkan sebenarnya sudah berapa banyak murid di sekolah yang sudah berdiri sejak 7 tahun lalu itu.

Julian Solossa, Anggota Komisi C yang juga Sekretaris Fraksi PDI Perjuangan itu menambahkan, masalah lainnya uneg-uneg para guru PPPK di SD Negeri, yang mengalami kesulitan transportasi ke sekolah itu, serta tantangan lainnya berupa belum mendapat gaji dan SK yang merupakan ranah pemerintah pusat. Komisi C mendorong dinas terkait untuk memperhatikan nasib para guru yang mengabdi di sana.

Selanjutnya, dari diskusi dengan kepala kampung, disampaikan bahwa warga yang berdomisili di Pulau Karaka yang berdiri di atas lumpur itu didorong untuk bisa beralih ke daratan utama, sehingga berbagai program pemerintah bisa dijalankan maksimal menyentuh kebutuhan warga. Hal ini berkaitan status wilayah Pulau Karaka merupakan bagian dari wilayah operasional PT. Freeport Indonesia.

Kaitan dengan rangkaian dinamika itu, pihaknya akan memanggil dinas teknis terkait dalam Rapat Dengar Pendapat (RDP) guna mencari solusi untuk kepentingan rakyat.

Kunker Senin 25 April itu dipimpin Ketua Komisi Elminus Mom, bersama Anggota Komisi C lainnya, Julian Solossa, Leonardus Kocu, Yan Sampe Rumengan, Semuel Bunai dan sejumlah staf Sekretariat Dewan. (Manu)

Idul Fitri 1 Syawal 1443 H

dprd kabupaten mimika
keluarga johannes rettob
bpkad kabupaten mimika
kesbangpol kabupaten mimika
perhubungan kabupaten mimika
dprd kabupaten mimika
tanaman pangan kabupaten mimika
pendapatan daerah kabupaten mimika
tp-pkk kabupaten mimika
kampung nawaripi

Tentang Kami

Memberikan informasi yang benar karena kami Berpihak Pada Kebenaran yang Jernihnya Nyata