Main Area

pesparawi xiii

Main

KPU Tetapkan 4 Balon Independen Lolos Penetapan

SENTANI, TABUKANews.com - Keputusan Komisi Pemilihan Umum (KPU) Mimika Nomor 05/HK.03.1-Kpt/9109/KPU-Kab/II/2018 menetapkan empat pasangan independen lolos sebagai bakal calon bupati dan wakil bupati Mimika periode 2018.

Keempat pasangan ini adalah Petrus Yanwarin-Alpius Edoway (Petraled), Hans Magal-Abdul Muis (HAM), Robert Waoropea-Albert Bolang (RnB) dan Wilhelmus Pigai-Athanasius Allo Rafra (MUSA).

Penetapan tersebut dilakukan melalui rapat pleno terbuka di Hotel Grand Alizon Sentani, Jayapura, Minggu (18/2) pagi.

Sementara tiga bakal calon yang dinyatakan tidak memenuhi syarat (TMS) adalah paslon Philipus Waker-H Basri (Philbas), Paslon Maria Florida Kotorok-Yustus Way (Marius) dari independen dan pasangan balon dari partai politik,  Eltinus Omaleng-Johanes Rettob (Omtob).

Philbas digugurkan KPU Mimika karena hanya memperoleh dukungan KTP sebanyak 10.791, sementara pasangan Marius 21.901.

Pasangan Ombas juga dinyatakan TMS karena KPU Mimika berasalan ijazah SMP Bupati Omaleng bermasalah.

Putusan KPUD Mimika oleh ketiga paslon dianggap mencederai tahapan pilkada secara keseluruhan, melanggar konsistensi hukum dan KPU dinilai tidak mampu menjalankan proses tersebut. 

Bahkan ketiganya beranggapan, KPU Mimika berpihak kepada pasangan tertentu dan keputusan yang diambil dilakukan secara terstruktur, masiv dan sistematis guna mencekal ketiganya. 

Dalam pleno, KPU Mimika juga tidak mampu menjawab tanggapan dan telaan terhadap setiap keberatan yang disampaikan ketiga pasangan calon. 

Akibatnya pleno yang awalnya dilakukan pukul 22.45 Wit, mengalami sejumlah interupsi, penundaan dan skors sehingga penandatangan berita acara baru dilakukan pukul 07.35 Wit, pagi tadi.

Dalam berita acara tersebut, hanya tiga komisioner yang melakukan penandatangan yakni Ketua KPU Mimika Ocepina Magal, Yoe Luis Rumakewi dan Alfrets Petupetu. Sementara Derek Mote dan Reinhard Gobai menolak menandatanganinya.

Menyikapi putusan tersebut, ketiga pasangan calon langsung melakukan penandatangan fom keberatan. Ketiganya akan melakukan proses tahapan hukum selanjutnya di PTUN Makassar. (nal/tim)

2020 TabukaNews.com | Designed by Putra Timika Informatika