Main Area

pesparawi xiii
ulang tahun ke 36

Main

KPU Mimika Tetapkan DCS Pileg 2018

 

TIMIKA, TABUKANews.com - Setelah tertunda beberapa hari sesuai jadwal penetapan tanggal (14/8) akhirnya KPU Mimika melakukan penetapan Daftar Calon Sementara (DCS) melalui rapat pleno terbuka penetapan DCS calon anggota DPRD Mimika melalui Pemilihan Legislatif Kabupaten Mimika dikantor KPU Mimika, Kamis (16/8).

Penetapan DCS tersebut ditetapkan melalui Surat Keputusan (SK) nomor 30/HK.03.1-Kpt/9109/KPU-Kab/VIII/2018 tentang penyusunan dan penetapan daftar calon sementara (DCS) anggota dewan perqakilan rakyat daerah Kabupaten Mimika pada pemilihan umum tahun 2019.
   
Ketua KPU Mimika Yoel Luis Rumaikewi dalam sambutannya menyampaikan permohonan maaf atas keterlambatan dalam penetapan DCS tersebut. Menurutnya keterlambaran tersebut dikarenakan ada kendala yaitu menyangkut beberapa komisioner yang tidak ada ditempat dan ada kimisioner yang sedang sakit sehingga harus dilakukan penundaan.

"Atas nama komisioner kami mohon maaf atas keterlambatan hal ini tidak ada unsur kesengajaan karena selama ini komisioner yang ada hanya dua orang sehingga sehingga tidak bisa memenuhi korum. Tetapi hari ini kami coba menghubungi Pak Mote yang sedang dalam masa penyembuhan dan beliau ternyata bisa dan akhirnya kami segera melakukan pleno DCS," tuturnya.

Luis berharap dari calon-calon legislatif yang sudah didaftarkan tersebut nantinya memang benar-bernar calon yang diusung oleh partai benar-benar memiliki kemampuan untuk bertarung dengan sehat berdasarkan aturan yang ada. Dirinya percaya bahwa semua partai nantinya memiliki keinginan agar calonnya terpilih.

"Kita berharap ada masukan dari masyarakat untuk ada masukan radi calon-calon yang diusulkan oleh partai sehingga nanti sampai dengan selama proses kita umumkan itu sampai dengan penetapan DCTnya itu sudah tidak lagi bermasalah. Kami juga berharap semua calon yang diusulkan ini itu yang akan terus bertarung untuk dikeluarkan nanti menjadi DCT,”tambahnya.

Luis menambahkan pada pleno ini, kami hanya menyerahkan SK dengan nomor 30/HK.03.1-Kpt/9190/KPU-Kab/VIII/2018 tentang penyusunan dan penetapan DCS anggota DPRD Kabupaten Mimika pada Pemilu tahun 2019.

“Malam ini kami hanya serahkan SK Sementara untuk nama-nama bacaleg akan saya tandatangani dulu. Dan nantinya, operator KPU Mimika akan menghubungi penghubung setiap parpol untuk mengambil daftarnya,” ungkapnya.

Pleno tersebut dipimpin langsung oleh Ketua KPU Mimika, Yoel Luis Rumaikewi yang didampingi dua anggota Komisioner KPU Mimika, Theodora Ocepina Magal dan Derek Mote. Selain itu juga dihadiri 15 ketua dan pengurus partai politik (parpol) yang ikut dalam Pemilu 2019, yakni Partai Perindo, PDIP, PKS, PBB, PPP, Hanura, PKPI, Garuda, PSI, Gerindra, PKB, Golkar, Demokrat, Nasdem, dan Berkarya.(tim/TB)

2020 TabukaNews.com | Designed by Putra Timika Informatika