Main Area

pesparawi xiii

Main

KPU Mimika Akhirnya Menetapkan 35 Anggota DPRD

 

 

Timika, TabukaNews.Com – Komisi Pemilihan Umum (KPU)  Mimika,  Kamis (1/7/19) menetapkan 35 anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD)  teepilih priode 2019-2024 yang dilaksanakan di Gedung Graha Eme Neme Yauware Timika, Papua. 

Penetapan perolehan kursi dan calon terpilih anggota DPRD Kabupaten Mimika menyusul keluarnya putusan Mahkama Konstitusi, tentang Perselisihan Hasil Pemilihan Umum (PHPU). 

Rapat pleno terbuka dipimpin Ketua KPU Mimika Indra Ebang Ola, dihadiri seluruh komisioner KPU Kabupaten Mimika, perwakilan saksi partai politik, serta jajaran Forkopimda kabupaten. 

Sesuai dengan Surat Keputusan KPU Mimika Nomor 14/hk.03.1-kpt/9109/KPU Kabupaten Mimika Mimika/VIII/2019, sebanyak 35 Calon Terpilih Anggota DPRD Mimika Periode 2019-2024 akhirnya ditetapkan. Putusan ini ditetapkan dalam Rapat Pleno Penetapan Perolehan Kursi dan Calon Terpilih Anggota DPRD Kabupaten Mimika Pemilihan Umum (Pemilu) 2019

 

Kapolres Mimika AKBP Agung Marlianto dalam sambutannya mengatakan, hari ini merupakan momentum bersejarah bagi Kabupaten Mimika karena ini merupakan puncak pesta demokrasi 2019.

“Pemilu 2019 merupakan tantangan kita bersama dan kita telah lalui dengan prestasi berkat kerjasama lintas sektoral diantara kita semua. Ini berkat kesadaran masyarakat dan peserta yang tumbuh bersama untuk menciptakan Pemilu yang aman dan damai,” ujarnya.

 

Ia memberikan apresiasi kepada KPU yang telah melaksanakan rangkaian tahapan pemilu secara tepat waktu dan minim kesalahan. Diakui walau ada proses hukum namun semuanya telah berjalan sesuai peraturan yang ada.

 

Apresiasi juga disampaikan kepada Bawaslu Mimika, Pemerintah Daerah, TNI Polri, FKUB serta seluruh masyarakat Mimika yang setia menemani dan mendampingi KPU dalam melaksanakan seluruh tahapan yang ada.

 

“Putusan dismissal MK sudah dilakukan dan semua sudah final dari segala dugaan penyimpanan. Mari sama-sama kita hormati putusan yang sama. Ini merupakan prestasi yang kita banggakan, selain situasi yang aman dan kondusif. Kita telah mampu menunjukan bahwa Mimika daerah yang aman, tepat waktu dan 94 persen masyarakat ikut dalam memilih. Ini merupakan keberhasilan kita semua,” ujarnya.

 

Sementara itu, sambutan Bupati Mimika Eltinus Omaleng yang disampaikan Pjs Sekretaris Daerah Kabupaten Mimika Marthen Paiding memberikan apresiasi terhadap berbagai proses tahapan penyelenggaran Pemilu 2019.

 

“Ini merupakan proses panjang yang telah melalui berbagai tahapan dan Mimika telah membuktikan bahwa semua dapat berjalan dengan baik, aman, lancar dan tertib. Kondisi seperti ini harus terus kita jaga sama-sama dalam membangun Mimika ke depan,” ujarnya.

 

Ia meminta agar semua pihak melakukan konsolidasi demokrasi agar elemen-elemen yang sempat tercerai karena perbedaan pilihan dan dukungan politik dapat disatukan kembali.

 

“Mari kita sama sama membangun kembali keharmonisan dan merawat demokrasi agar pembangunan ke depan dapat berlangsung dan berjalan dengan baik. Jika selama pemilu berlangsung, tercipta kelompk-kelompok maka kini semua harus melebur dan bersatu kembali untuk merapatkan barisan menuju cita-cita pembangunan di Mimika dengan semboyan Eme Neme Yauware,” harapnya.

 

“Saya ucakan selamat kepada bapak ibu yang telah terpilih menemapti kursi anggota DPRD Mimika Periode 2029-201. Mari kita menjadi mitra bersama untuk membangun negeri ini guna meningkatkan kesejahteraan bagi masyarakat di Mimika,” lanjutnya.

 

Ketua KPU Indra Ebang Ola,  diwaktu jedah rapat terbuka  memberikan apresiasi kepada seluruh komponen masyarakat Mimika karena Mimika telah melangsungkan Pemilu 2019 yang damai, berkualitas, beradab dan bertangungjawab

“Sukses pemilu 2019 merupakan keberhasilan semua masyarakat Mimika. Ini sukses kita semua. Terimakasih kepada semua masyarakat Mimika,” ujarnya.(tim)

2020 TabukaNews.com | Designed by Putra Timika Informatika