Main Area

pesparawi xiii
DPRD Kabupaten mimika, Ucapan Maulid Nabi Muhammad SAW 2020
Sekwan DPRD Kabupaten mimika, Ucapan Maulid Nabi Muhammad SAW 2020

Main

KPU Bantah Dan Tolak Keterangan Pemohon

JAKARTA, TABUKANews.com -  Komisi Pemilihan Umum (KPU) kabupaten Mimika menolak semua tuduhan dan keterangan yang disampaikan oleh lima pasangan calon (paslon) dalam materi gugatan.

Sidang kedua kalinya di Mahkamah Konstitusi, Kamis (1/8) beragenda mendengarkan jawaban dari termohon.

Penasehat hukum dari KPU menyatakan bahwa berdasarkan aturan pemerintah pemohon tidak memenuhi syarat untuk mengajukan gugatan berdasarkan selisih suara.

Pada kesempatan ini pula para penasehat hukum KPU menyatakan bahwa dalam gugatan para paslon ini ada yang kontradiktif seperti meminta diadakannya pemungutan suara ulang (PSU) tanpa menyertakan paslon nomor 6 dan meminta PSU namun mengakui kemenangan paslon nomor 6 dan meminta agar menetapkan paslon tersebut sebagai nomor urut 2.

Kuasa hukum KPU juga membantah adanya indikasi penggelembungan suara. Bantahan ini semakin kuat dikarenakan pihak pemohon tidak dapat  menunjukkan bukti bukti otentik.

Sidang pada  Kamis (1/8) semakin menarik saat majelis hakim menanyakan pendapat Bawaslu yang bertindak sebagai Panwaslu Mimika, apakah mengetahui tentang SK KPPS benar ada atau tidak. Anugrah Patta sebagai ketua Bawaslu menjawab bahwa benar ada 8 distrik yang tidak memiliki SK.

"Kami sudah menanyakan kepada ketua KPU dan dijawab tidak ada," ujar Anugrah Patta.

Jawaban Anugrah Patta ini pun disambut hakim dengan senyuman seraya meminta para pihak yang ada untuk maju melihat SK yang ada.

Hakim pun memberikan penegasan dengan bertanya kepada pihak KPU dan Bawaslu apakah pada saat pelaksanaan pemilukada kemarin ada saksi paslon yang melakukan protes tentang keberadaan SK ?  Pertanyaan ini langsung dijawab bahwa tidak ada yang protes.

"Ini suatu kebiasaan, kalo sudah kalah baru menunjukkan berbagai hal yang dianggap salah atau tidak sesuai peraturan," ujar hakim.

Sidang perkara gugatan ini ditunda hingga tanggal yang belum ditentukan. "Untuk sidang berikutnya akan kami beritahukan melalui surat kepada masing masing pihak," ujar hakim sesaat sebelum menutup jalannya persidangan.(tim).

DPRD Kabupaten mimika, Ucapan HUT Kab.Mimika
Sekwan DPRD Kabupaten mimika, Ucapan HUT Kab.Mimika
2020 TabukaNews.com | Designed by Putra Timika Informatika