Main Area

Main

Kontak Tembak TNI dan KKSB, Satu T ewas Dua Luka

Kepala Penerangan Daerah Militer (Kapendam) XVII/Cendrawasih Kolonel Inf. Muhamad Aidi didampingi Danramil Kota Timika Kapten Inf Heru/Foto : Dok Tabukanews.com

Kontak Tembak TNI dan KKSB, Satu T ewas Dua Luka

TIMIKA-Tabukanews.com - Terjadi kontak tembak antara pihak TNI dan Kelompok Kriminal Sipil Bersenjata (KKSB), Rabu (4/4) sekira pukul 10.15 WIT di kampung Opitawak,Distrik Tembagapura,Kabupaten Mimika,Papua. Dalam kontak tembak tersebut 1 orang KKSB tewas di tempat sedangkan 2 orang lainnya mengalami luka-luka.

Kepala Penerangan Daerah Militer (Kapendam) XVII/Cendrawasih Kolonel Inf. Muhamad Aidi saat konferensi pers dengan awak media di Restauran Diana Jalan Budi Utomo, Timika mengatakan, telah terjadi kontak tembak antara pihak TNI dan KKSB di kampung Opitawak, setelah dilakukan pengejaran oleh pihak TNI.

"Tadi jam kurang lebih jam 10 lewat 15 upaya pengejaran dilakukan oleh TNI terhadap KKSB dan terjadi kontak tembak di kampung Opitawak," kata Aidi dibilangan jalan Budi Utomo Timika.

Aidi menjelaskan dalam kontak tembak tersebut ada tiga orang tertembak. Satu diantaranya tewas ditempat bernama Timotius Omabak, sedangkan dua orang lainnya terluka akibat terkena tembak di bagian lengan dan paha diantaranya Ruben Tupugau, Kapin Jamang telah mendapat perawatan medis oleh timkes lapangan TNI. Sedangkan lainnya berhasil melarikan diri.

"Pada saat kontak tembak tersebut ditemukan satu orang tewas dari kelompok KKSB diserahkan kepada warga untuk prosesi bakar mayat, kemudian dua orang luka-luka," jelasnya.

Ia mengungkapkan, sejauh ini pihak Kodam belum bisa memastikan korban yang tertembak itu merupakan anggota KKSB atau hanya sebagai tameng bagi keberadaan KKSB

"Kami belum tahu apakah korban luka adalah bagian dari KKSB atau dia adalah orang yang dijadikan tameng," ungkapnya.

Pasca kontak tembak tersebut pihak TNI berhasil menguasai 6 kampung yang berada di sekitar Tembagapura dan juga telah mengamankan sebanya dua pucuk senjata api jenis M16 beserta sejumlah amunisi dan selongsong peluru dan sebuah noken yang bertuliskan Puncak Jaya.

 

"Di TKP ditemukan dua pucuk senjata jenis M16 dengan beberapa butir amunisi beserta slongsong peluru dan bercak darah dan sebuah noken bertuliskan puncak jaya," terang Aidi.

Aidi menambahkan, tim operasi yang terlibat dalam kontak tembak dengan KKSB berjumlah 50 personel yang terdiri dari 20 personel Yonif 754/ENK, 20 personel Yonif 751/Raider dan 10 personel Brigade Infanfri (Brigif) 20/IJK.

"Untuk pasukan yang terlibat kontak adalah gabungan dari personel Batalyon 754,Batalyon  751,dan anggota  Brigif 20 Ima Jaya Keramo," tambahnya. (Tim).

2019 TabukaNews.com | Designed by Putra Timika Informatika