Main Area

Main

Kontak Tembak Patroli Gabungan dan KSB, 1 Anak Buah Egianus Kogoya Tewas

Foto: Foto: Ilustrasi



Timika, Tabukanews.com,Satu orang anggota Kelompok Separatis Bersenjata (KSB) yang diduga dari kelompok pimpinan Egianus Kogoya tewas ditembak oleh tim Patroli Gabungan TNI/Polri di Pasar Jibama Jl. J.B Wenas Kampung Hetuma Distrik Hubikiak Kab. Jayawijaya, Jumat (23/8) sekira pukul 10.45 WIT dan personel gabungan juga berhasil mengamankan satu buah pucuk revolver.

Dari rilis yang diterima oleh Penerangan Kodam XVII/Cendrawasih kejadian bermula saat Tim Patroli Gabungan TNI/Polri melintas di pasar Jibama. Kelompok KSB yang berjumah 5 orang diduga dari kelompok Egianus Kogoya melakukan aksi gangguan keamanan atau teror di Pasar Jibama dengan menodongkan senjata kepada masyarakat dan sempat melepaskan tembakan kearah Tim Patroli Gabungan yang sedang melaksanakan patroli dalam rangka menciptakan rasa aman terhadap masyarakat di wilayah Kabupaten Jayawijaya.

"Insiden terjadi saat tim gabungan berpatroli melintasi pasar, kelompok KSB berjumlah 5 orang membuat keributan dengan cara menodong pistol kepada masyarakat dan menembak petugas," kata Kapendam melalui rilis yang diterima, Jumat (23/8).
Ia menjelaskan, setelah melakukan aksi teror dengan menodongkan tembakan di plataran pasar Jibama, 5 orang pelaku (KSB) berusaha melarikan diri setelah melihat Tim Patroli Gabungan TNI/Polri, 1 orang pelaku berusaha melarikan diri dengan bersembunyi di dalam kendaraan Mobil Kijang Angkot Nopol DS 7227 BB yang selanjutnya berhasil dilumpuhkan oleh Tim Patroli Gabungan. Selain mendapatkan senjata pistol jenis Revolver juga didapatkan 1 munisi aktif dan 4 butir kelongsong munisi.

"Satu orang anggota KSB sempat dilumpuhkan saat bersembunyi didalam mobil angkutan kota, dan menyit pistol dan 4 butir amunisi aktif," jelasnya.

Dalam aksi pengejaran terhadap pelaku aksi teror oleh KSB mengakibatkan 1 orang anggota Polres Jayawijaya bernama Ipda Iwan terkena tembakan di paha dan 1 orang anggota Pospol Jibama mengalami luka tembak di perut sedang dalam penanganan medis.

Sampai dengan saat ini masih dilakukan pengejaran terhadap 4 orang pelaku penembakan yang berhasil melarikan diri dan untuk mengantisipasi aksi teror/gangguan keamanan pasca insiden tersebut aparat TNI/Polri wilayah Kodim 1702/Jayawijaya melaksanakan siaga 1.

"Masih dilakukan pengejaran terhadap pelaku," ujarnya. (Tim)

2019 TabukaNews.com | Designed by Putra Timika Informatika