Main Area

Main

KONI Mimika Gelar Musyawarah Olahraga Kabupaten (Musorkab-III) Tahun 2019

Foto Bersama usai pembukaan Musorkab/Foto : Tim

TIMIKA, TABUKANews.com - Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Mimika, pada hari Kamis, (4/4) melaksanakan Musyawarah Olahraga Kabupaten (Musorkab-III Tahun 2019 yang diselenggarakan di Hotel 66 Timika, Papua.

Ketua Panitia Musorkab-III  Cesar A Tunya dalam laporannya mengatakan, Musorkab dilakukan untuk memilih ketua umum KONI Mimika Periode 2019-2023, menyusun program kerja dan anggaran kerja.

Cesar dalam sambutannya mengatakan kegiatan Musorcab III  untuk memenuhi tugas dan kewajiban pengurus dalam memberikan pertanggungjawaban pengurus atas pelaksanaan tugas sebagaimana diatur dalam AD/ART KONI Kabupaten Mimika. Dari 33 cabor diwakili oleh 3 peserta.

Sementara itu Wakil Ketua Bidang Organisasi KONI Papua George Weyasu mengatakan tugas pokok KONl sesuai AD/ART yakni mengkoordinasikan dan membina setiap kegiatan olahraga untuk menghasilkan prestasi di tingkat daerah, nasional dan regional, melalui mekanisme fairplay yang dipedomani bersama.

"Sejak 2018 KONI Papua telah melakukan sejumlah kegiatan pokok diantaranya melakukan tes fisik dan kesehatan kepada 1036 atlet, memfasilitasi dan membiayai pelaksanaan pelatihan secara mandiri oleh  masing-masing cabang olahraga (TC),  memfasilitasi pelaksanaan kejuaraan daerah dan mengikuti kejuaraan nasional maupun open turnamen sesuai kalender kegiatan masing-masing cabang olahraga,"ujarnya.

George Weyasu mengatakan, Pada Januari-Februari 2019, KONI Papua melanjutkan tes kesehatan dan fisik terhadap 1200 atlet dari 42 Cabang Olahraga. Maret kemarin mereka melaksanakan tes parameter pertama tahap dua untuk memastikan kesiapan atlet masuk pemusatan latihan.

Masih sekitar empat cabor yang belum yakni bola kaki putera, basket, panjat tebing dan judo, namun awal April ini akan dituntaskan setelah Pemilu 2019 kami mulai melaksanakan pencanangan pemusatan latihan dan akan di kendalikan oleh Tim Pengendali Pemusatan Latihan Provinsi (Puslatprov) yang diketuai oleh Brigjen TNI Irhan Waroihan Kasdam Cenderawasih.

Ia menyampaikan persiapan PON XX Tahun 2020, KONI Papua mulai fokus pada pelatihan atlet berbakat yang didukung oleh pelatih profesional penguatan terus dilakukan karena sasaran KONI Papua adalah memperbaiki rangking nasional 5(lima) besar untuk Indonesia atau rangking pertama di luar pulau Jawa.

Diharapkan melalui Musorkab KONI Mimika ini dapat memilih dan menetapkan Ketua Umum KONI Kabupaten Mimika untuk masa bhakti 2018 2022, menetapkan program pembinaan prestasi jangka panjang 4(empat) dan jangka pendek setahun membahas dan menetapkan haI-hal yang dianggap perlu sesuai dengan kebutuhan dan perkembangan pembinaan oIahraga prestasi di Kabupaten Mimika.

Sambutan Bupati Mimika Eltinus Omaleng yang disampaikan Asisten III Setda Mimika, I Nyoman Putu Arka, menyebutkan bahwa olahraga selalu mengalami perubahan yang penuh dengan dinamika dan tantangan yang tidak dapat diprediksi.

Dengan kondisi ini, diharapkan KONI Kabupaten Mimika perlu melakukan perubahan secara menyeluruh termasuk perbaikan dalam organisasi.

KONI Mimika diminta bekerja secara profesionalitas, sehingga mampu menghadapi tantangan yang terjadi serta dapat mencapai tujuan dalam mewujudkan prestasi olahraga yang membanggakan.

Menurutnya, Musyawarah Olahraga (Musorkab) ini merupakan wadah dan langka KONI Mimika dalam menata kembali organisasi dan menjaga solidaritas pengurusan serta memantapkan keberlanjutan manajemen dan pembinaan olahraga di Mimika.

“Musorkab dikatakan berhasil jika mampu menyusun program kerja secara tepat sasaran dan mampu diaplikasikan melalui kegiatan di lapangan serta mampu memilih orang-orang yang siap meluangkan waktunya untuk kemajuan organisasi,” ujarnya.

Tahun depan, Kota Timika menjadi salah satu kabupaten yang ada di Papua dan dipercaya sebagai tuan Rumah PON 2020. Ini tentu menjadi tantangan dan merupakan tugas berat bagi semua.

“Saya berharap KONI Mimika bisa mendukung PON 2020. Bukan hanya sukses penyelenggaraanya namun juga prestasi. Semua pemangku kepentingan juga harus optimis, fokus dan bersemangat dalam memajukan olahraga di Mimika. Kami juga sampaikan terimakasih buat KONI Mimika atas kemajuan dan prestasi yang sudah dicapai selama ini. Mari bersama kita majukan olahraga di negeri ini dengan berprestasi” ungkapnya.(Tim)

2019 TabukaNews.com | Designed by Putra Timika Informatika