Main Area

Main

Konflik Kwamki Narama Perlu Penanganan Serius Pemprov Papua

Perang antar warga masih terus terjadi di Kwamki Narama/ Foto : Dok Tabukanews.com

TIMIKA, TABUKANrws.com  - Konflik yang terjadi di Distrik Kwamki Narama Kabupaten Mimika sudah berlangsung sejak 7 tahun silam. Namun, hingga saat ini konflik tersebut belum bisa diselesaikan secara permanen.

Anggota DPRP Papua John Gobay meminta kepada Pemerintah Provinsi (Pemprov) Papua dan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Mimika agar bisa duduk bersama dengan pihak-pihak terkait agar secepatnya merumuskan langkah-langkah penyelesaian konflik yang berkepanjangan tersebut.

"Masalah di Kwamki Narama itu saya sudah pernah bicara supaya Pemprov Papua dan Pemkab Mimika untuk bisa merumuskan langkah-langkah tentang rekonsiliasi Kwamki Narama," kata John Gobay ditemui usai menggelar Hearing Publik di kantor Lemasa Kabupaten Mimika, Sabtu (3/3).

Menurutnya, konflik yang terjadi di Kwamki Narama tidak bisa diselesaikan dengan membayar kepala dkan menggelar upacara adat patah panah, tapi bagaimana semua pihak yang memiliki andil besar dalam penyelesaian konflik tersebut harus duduk bersama untuk membahas masalah tersebut hingga kepangkalnya, sehingga konflik di Kwamki Narama bisa diselesaikan secara permanen.

"Tidak bisa hanya bayar kepala dan patah-panah tetapi semua pihak terkait harus duduk bersama untuk membahas masalah ini mencari tahu akar permasalahannya supaya merekonstruksi sehingga konflik yang terjadi bisa diselesaikan secara permanen," terangnya.

Ia berharap ada penyelesaian secara permanen agar masyarakat yang berada di Kwamki Narama bisa membali berkativitas seperti biasa, mengingat selama perang berlangsung ada rasa takut yang menfhantui mereka membuat aktivitas belajar mengajar, aktivitas perekonomian, aktivitas pembangunan tidak berjalan baik.

"Secepatnya harus diselesaikan supaya aktivitas warga kembali normal," harapnya. (tim)

2019 TabukaNews.com | Designed by Putra Timika Informatika